Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Bisa Dilakukan jika Harimau Jawa Belum Punah?

Kompas.com - 05/04/2024, 19:34 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dinyatakan punah pada tahun 1980-an, keberadaan harimau jawa menjadi hal yang dianggap tidak mungkin.

Namun, beberapa tahun terakhir, banyak laporan yang menyebutkan eksistensi harimau jawa. Klaim tersebut dibuktikan dengan penemuan rambut harimau jawa di Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga: Dinyatakan Punah, Apakah Ada Kemungkinan Harimau Jawa Masih Hidup?

Bagaimana jika harimau jawa masih ada?

Penemuan kembali harimau jawa akan menjadi berita yang luar biasa dan akan memberikan harapan baru untuk spesies ikonik ini.

Meskipun harimau jawa secara resmi dinyatakan punah, ada harapan bahwa spesies ini masih hidup di alam liar.

Jika harimau jawa belum punah, beberapa hal seperti penelitian, konservasi, dan edukasi dapat dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kemunculan satwa tersebut.

1. Penelitian

Didik Raharyono, Direktur Peduli Karnivora Jawa, saat diskusi FOKSI mengenai "Kembalinya Sang Predator Terbesar Hutan Jawa" pada Rabu (3/4/2024) mengatakan, penelitian yang dapat dilakukan tidak hanya seputar satwa itu sendiri, tetapi juga mengenai hubungan masyarakat sekitar tempat ditemukannya harimau.

Kearifan apa yang memungkinkan harimau masih ada di daerah itu? Bahaimana respon warga jika terbukti ada keberadaan harimau jawa di daerahnya? Jika dijadikan sebagai objek wisata, harus seperti apa regulasinya?

Kemunculan harimau jawa akan menghidupkan kembali tradisi yang berkaitan dengan satwa besar tersebut.

Upaya penelitian juga dapat digunakan untuk memastikan populasi harimau jawa, habitat, dan perilakunya. Hal ini akan membantu dalam mengembangkan strategi konservasi yang efektif.

Baca juga: Mirip Harimau Jawa Berhasil Dipotret Warga Pinggiran Hutan

2. Konservasi

Konservasi dapat dilakukan dengan melindungi habitat, seperti penataan kawasan hutan, penegakan hukum terhadap perambahan hutan, dan program reboisasi.

Program penangkaran juga dapat dilakukan untuk meningkatkan populasi harimau jawa dan mempersiapkan reintroduksi ke alam liar.

Jika harimau jawa benar-benar masih ada, maka upaya konservasi yang intensif akan diperlukan untuk memastikan kelangsungan hidup spesies ini. 

3. Edukasi

Edukasi dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya harimau jawa dan perannya dalam ekosistem. Hal tersebut juga sebagai upaya menghindari perburuan liar terhadap satwa yang dilindungi.

Upaya pelestarian harimau jawa memerlukan kerjasama semua pihak. Baik pemerintah dan masyarakat dibutuhkan untuk ikut berpartisipasi melestarikan populasinya.

Baca juga: Benarkah Harimau Jawa Belum Punah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com