Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Otto Warmbier Geram Trump Puji Kim Jong Un Saat Makan Malam Bersama

Kompas.com - 20/06/2020, 15:59 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Cindy Warmbier mengungkapkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pernah memuji Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Selatan.

Cindy merupakan ibu dari mendiang Otto Warmbier (21) mahasiswa yang pernah ditahan di Pyongyang selama 17 bulan dan kembali ke Amerika Serikat dalam kondisi koma akibat cedera otak dan tewas 6 hari kemudian.

Donald Trump dikatakan Cindy memuji Kim Jong Un ketika tengah makan malam bersama teman-teman dan keluarga Otto Warmbier. 

Pernyataan Cindy itu diucapkannya kemarin Jumat (19/6/2020) yang memperingati 3 tahun kematian putranya dalam seminar yang diselenggarakan oleh Komite Hak Asasi Manusia Korea Utara.

Baca juga: Viral Video Balita Rasis, Trump Rupanya Manipulasi Video

Otto Warmbier, ditahan ketika tiba di Bandara Pyongyang pada Januari 2016 dengan tuduhan mencoba melakukan pencurian poster propaganda dari seorang pegawai hotel.

Ketika Otto dibebaskan 17 bulan kemudian, mahasiswa Amerika itu mengalami koma dan tewas 6 hari sesudah dia dipulangkan ke Amerika Serikat.

Cindy mengatakan masih merasa kesal kepada Trump yang memuji Kim Jong Un.

"Ada orang yang membenci orang Amerika," ujar Cindy, "Rezim Kim ini membenci kita, bagaimana kita bisa bersikap seakan-akan kita teman dia? Mereka membenci kita, mereka menikmati pembunuhan terhadap Otto.

Baca juga: John Bolton: Sambil Makan Steak Salmon, Xi Jinping Puji Donald Trump

Mereka menahan Otto lebih dari setahun dalam kondisi koma karena terlalu takut mengirim dia pulang dan satu-satunya alasan mereka memulangkan Otto karena Trump."

Pada Februari 2019, Donald Trump membela Kim Jong Un atas kematian Warmbier, bersikeras bahwa Kim tidak mengetahui apa yang menimpa pada Otto di penjara Korea Utara.

Trump mengatakan dirinya telah mengangkat masalah Otto selama perundingannya dengan Kim di Vietnam dan dia percaya pada penolakan diktator itu.

Dilansir The Sun, Trump berkata, "Dia (Kim) bilang kepada saya bahwa dia tidak tahu tentang hal itu dan saya percaya padanya."

Baca juga: Pesan Hillary Clinton kepada Trump: Tolong Pergi Saja dengan Tenang

Ibu Warmbier kemudian mengatakan, "Apakah saya suka Trump mengatakan bahwa Kim adalah orang baik? Bagaimana menurut Anda? Tidak. Itu membuat saya sakit dan membuat saya kesal. Dia tahu itu."

Untuk itu, "Dia (Trump) mengajak kami makan malam dan kami mengundang beberapa teman Otto yang tidak semuanya merupakan penggemar Trump."

"Kami berada satu meja dengan Trump dan dia masih berbicara bahwa dia menyukai Kim. Dan suasananya seperti 'Kami membenci Kim, kamu (Trump) paham atau tidak?"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com