Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2023, 08:00 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Benarkah susu kental manis bukan susu? Sebenarnya susu kental manis adalah salah satu dari produk olahan susu

Peraturan Kepala (Perka) BPOM Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan menyatakan, susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

“Susu kental manis dapat digunakan sebagai topping, pelengkap, atau campuran pada makanan atau minuman,” tulis BPOM lewat laman resminya, Kamis (23/9/2021).

Karena prosesnya tersebut, tidak sedikit pihak yang menganggap bahwa susu kental manis bukan susu. Padahal, jika ditilik lebih cermat, susu kental manis sebenarnya masih masuk dalam kategori susu.

Baca juga: Susu Kental Manis di 5 Resep Wafel, Lezat untuk Sarapan

Anggapan kurang tepat susu kental manis bukan susu bisa lebih dipahami dengan membaca sejumlah fakta penting susu kental manis yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber berikut.

Aman dikonsumsi

Terlepas dari asumsi yang beredar mengenai susu kental manis bukan susu, produk ini aman dikonsumsi karena sudah mendapatkan penilaian dari BPOM.

Namun, perlu diingat bahwa susu kental manis tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia lima tahun (balita) karena kelompok ini masih memerlukan air susu ibu (ASI) untuk proses tumbuh kembang.

Susu kental manis yang lezat akan cocok dijadikan sebagai topping atau pelengkap makanan atau minuman serta bahan-bahan makanan.

Baca juga: Kalori Susu Kental Manis di Menu Bekal Sarapan Keluarga

Konsumen pun harus cermat memilih produk yang tepat dan terpercaya di tengah ramainya pembahasan mengenai susu kental manis. Agar aman dikonsumsi, pilihlah produk susu kental manis yang dikemas secara higienis.

Adapun artikel Kompas.com, Jumat (8/10/2023) memaparkan, takaran ideal mengonsumsi susu kental manis adalah yang sesuai dengan kebutuhan harian tubuh.

Konsumsinya pun harus disesuaikan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur agar kebutuhan gizi harian dapat terpenuhi.

Memiliki kandungan susu

Biarpun muncul asumsi susu kental manis bukan susu, produk ini sebenarnya merupakan produk olahan susu yang bisa dikonsumsi.

Susu kental manis dengan label full cream pada kemasannya mengandung susu sapi asli serta lemak dan protein.

Baca juga: Susu Kental Manis di Resep Peanut Butter dan Jelly Sandwich

Produk susu olahan ini bisa dikonsumsi sebagai pendamping makanan dan minuman. Di samping itu, bisa juga dinikmati untuk melengkapi camilan dan minuman agar terasa lebih nikmat.

Susu kental manis tetap mengandung susu, sehingga anggapan susu kental manis bukan susu bisa dianggap keliru.DOK. SHUTTERSTOCK/New Africa Susu kental manis tetap mengandung susu, sehingga anggapan susu kental manis bukan susu bisa dianggap keliru.

Susu kental manis untuk asupan energi

Anggapan susu kental manis bukan susu yang muncul kemudian menimbulkan pertanyaan: apakah susu kental manis bisa menjadi sumber energi bagi tubuh?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com