Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Susu Kental Manis sebagai Pelengkap Sarapan 

Kompas.com - 22/08/2022, 09:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Manfaat susu kental manis pada menu sarapan adalah sebagai topping atau pelengkap yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Seperti diketahui, sarapan merupakan salah satu waktu makan terpenting dalam sehari. Banyak penelitian menunjukkan pentingnya sarapan bagi kesehatan tubuh.

Melansir Healthline, Kamis (7/9/2022), sekelompok peneliti menguji pengaruh waktu makan dan frekuensi makan terhadap indeks massa tubuh (IMT).

Mereka mengumpulkan data tentang jumlah konsumsi makanan per hari, jarak waktu tidak makan semalaman, kebiasaan sarapan, hingga waktu untuk makan terbesar dalam sehari.

Para peneliti menyimpulkan, jika seseorang makan lebih jarang, tidak ngemil, dan menjadikan sarapan sebagai makanan terbesar pada hari itu, kemungkinan orang tersebut akan kehilangan lebih banyak berat badan dalam jangka panjang ketimbang orang yang tidak menerapkan perilaku tersebut.

Baca juga: Konsumsi Susu Kental Manis Harian dengan Takaran Ideal

“Hasil studi sebelum-sebelumnya menunjukkan orang yang biasanya melewatkan sarapan memiliki peningkatan risiko obesitas dan penyakit kronis terkait obesitas. Studi kami menambah bukti ini,” tulis para penulis.

Meski penting bagi tubuh, sebagian orang masih mengaku kesulitan menerapkan sarapan di pagi hari. Alasannya karena malas bangun pagi, tidak memiliki waktu cukup untuk menyiapkan sarapan, hingga alasan diet ketat.

Padahal, ada berbagai cara untuk menyiapkan sarapan sehari-hari dengan mudah, praktis, dan hemat untuk menambah selera makan.

Salah satunya dengan mengombinasikan menu sarapan dengan manfaat susu kental manis yang bisa menambah cita rasa dan dan nafsu makan.

Manfaat susu kental manis juga bisa kamu pakai untuk topping atau bahan taburan pada menu sarapan, seperti smoothie, kopi susu, roti isi, salad buah, hingga panekuk.

Kandungan dan manfaat susu kental manis

Di balik kenikmatannya, manfaat susu kental manis bisa kamu temukan dalam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Sebagai contoh, susu kental manis yang dilabelnya bertuliskan full cream mengandung zat gizi makro, yakni protein, karbohidrat, dan lemak.

Susu kental manis kaleng.Shutterstock Susu kental manis kaleng.

Manfaat susu kental manis setiap hari juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang dipadukan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur untuk mendukung kegiatan harian yang aktif.

Mengutip laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), susu kental manis merupakan produk yang dibuat dari susu.

Subkategori susu kental dan analognya (termasuk di dalamnya susu kental manis) merupakan salah satu subkategori dari kategori susu dan hasil olahannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com