Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilumuri Susu Kental Manis, Ini 3 Resep Pancake Mangga

Kompas.com - 21/07/2022, 09:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com Susu kental manis sebagai pelengkap pancake mangga bisa menjadi alternatif menu sarapan sebelum mulai beraktivitas di pagi hari.

Pasalnya, selain cocok disantap kapan saja, pancake mangga dengan tambahan susu kental manis juga mudah dibuat.

Umumnya, pancake atau kue dadar dibuat dari terigu, telur ayam, gula, dan susu. Pancake biasa diberi tambahan topping, seperti cokelat, keju, hingga buah segar.

Tak heran, berbagai negara memiliki jenis pancake-nya sendiri. Sedikitnya, terdapat 15 jenis pancake dari berbagai negara, seperti classic American pancake, crepes dari Perancis, farinata dari Italia, dan serabi dari Indonesia.

Selain berbentuk seperti kue dadar dengan topping, pancake juga bisa dilengkapi dengan susu kental manis untuk menambah cita rasa.

Terlebih, susu kental manis juga cukup praktis dan ekonomis karena dapat dibeli di supermarket hingga toko kelontong, hadir dengan kemasan cukup beragam, serta harga yang terjangkau.

Selain itu, susu kental manis juga diklaim dapat menambah kebutuhan energi saat memulai aktivitas.

Melansir Kompas.com, Sabtu (26/2/2022), susu kental manis mengandung energi sebanyak 130 kilo kalori (kkal) per sasetnya.

Baca juga: Konsumsi Susu Kental Manis Harian dengan Takaran Ideal

Kandungan tersebut dapat menjadi salah satu asupan energi harian. Seperti diketahui, Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Acuan Label Gizi (ALG) menyatakan, kebutuhan kalori untuk manusia dewasa rata-rata sebesar 2150 kkal per hari.

Agar tidak bosan dengan resep pancake yang itu-itu saja, berikut resep tiga jenis pancake mangga dengan lumuran susu kental manis yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Classic American pancake

Mari mulai dengan pancake yang paling populer dan mungkin paling mudah dibuat dan dikreasikan, yaitu classic american pancake.

Baca juga: Susu Kental Manis untuk Topping Oatmeal, Cocok buat Sarapan

Pancake jenis ini umumnya berbentuk bundar tebal selebar telapak tangan, bertekstur lembut, dan rasa manis. Berikut bahan dan cara membuat classic american pancake mangga dengan lumuran susu kental manis:

Bahan-bahan

  • 1 buah mangga
  • 135 gram (g) tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula halus
  • 130 ml susu cair
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 2 sdm mentega cair (dibiarkan agak dingin)
  • 3 sdm Susu Kental Manis Full Cream

Cara memasak

  1. Potong mangga menjadi dua. Potong setengah bagian hingga berukuran dadu kecil. Lembutkan setengah bagian sisanya hingga menjadi puree atau bertekstur seperti bubur.
  2. Ayak tepung, baking powder, garam, dan gula halus ke dalam mangkuk besar. Dalam mangkuk terpisah, kocok susu dan telur, lalu masukkan mentega cair.
  3. Tuang campuran susu dan puree mangga ke dalam campuran tepung. Kocok sampai halus. Diamkan adonan selama beberapa menit.
  4. Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang, lalu tambahkan sedikit mentega. Ketika meleleh, tambahkan sesendok adonan. Saat bagian atas pancake mulai menggelembung, balikkan dan masak hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan.
  5. Ulangi sampai semua adonan habis. Sajikan dengan mangga yang dipotong dadu dan lumuri dengan susu kental manis.

2. Hong Kong mango pancake

Ilustrasi pancake mangga dari Hong Kong. 
(Shutterstock/Sokor Space) Ilustrasi pancake mangga dari Hong Kong.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com