Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Kental Manis di 5 Resep Wafel, Lezat untuk Sarapan

Kompas.com - 08/10/2022, 09:16 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.comSusu kental manis biasa digunakan sebagai bahan pelengkap berbagai menu sarapan, salah satunya adalah wafel.

Wafel merupakan makanan ringan dari kawasan Eropa Barat yang terbuat dari adonan seperti roti yang dimasak dengan pemanggang pipih tertutup sehingga menghasilkan tekstur crispy di luar dan lembut di dalam.

Kata wafel terinspirasi dari kata dalam bahasa Prancis, walfre yang berarti sarang lebah. Sebab, hidangan ini memiliki bentuk dan ukuran yang khas seperti sarang lebah.

Wafel biasa disajikan sebagai makanan penutup dengan tambahan topping, seperti buah-buahan, cokelat, hingga susu kental manis

Terkait penambahan topping susu kental manis, hal ini tidak hanya bisa menambah cita rasa wafel, tetapi bermanfaat untuk tubuh.

Baca juga: Konsumsi Susu Kental Manis Harian dengan Takaran Ideal

Pasalnya, susu kental manis mengandung zat gizi makro yang terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak. Susu kental manis juga mengandung gizi mikro yang terdiri dari multivitamin dan multimineral.

Perpaduan wafel dengan susu kental manis pun cocok jadi menu sarapan. Pasalnya, selain nikmat dan praktis, susu kental manis mengandung energi sebanyak 130 kilo kalori (kkal) per sasetnya.

Tak cuma itu, susu kental manis juga tergolong ekonomis karena hadir dengan harga terjangkau dan mudah untuk dibeli di mana saja.

Susu kental manis pun mudah disimpan dan dibawa ke mana saja karena dijual dalam beberapa jenis kemasan, yakni kaleng, pouch, dan saset.

Nah, jika kamu tertarik membuat wafel anti ribet sebagai menu sarapan, berikut lima resep wafle dengan topping susu kental manis yang anti-mainstream, mudah dibuat, dan tentu saja lezat!

Baca juga: Manfaat Susu Kental Manis di Menu Sarapan Pagi

1. Oat waffles susu kental manis

Ilustrasi oat waffel dengan susu kental manis sebagai menu sarapan. (Pexels/Daniel Ruiz) Ilustrasi oat waffel dengan susu kental manis sebagai menu sarapan.

Wafel umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, susu, perasa, dan gula. Namun, kamu juga bisa menggunakan oatmeal sebagai penambah sumber karbohidrat dan serat yang tinggi.

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat tubuh terasa kenyang lebih lama, apalagi jika ditambah dengan susu kental manis.

Dengan tambahan topping susu kental manis, resep oat waffles berikut ini menjadi kombo yang pas sebagai menu sarapan yang sederhana, lezat, dan mengenyangkan.

Baca juga: Susu Kental Manis di Sarapan Sederhana yang Nikmat

Bahan-bahan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com