Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Susu Kental Manis di Menu Sarapan Pagi

Kompas.com - 19/09/2022, 13:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com Manfaat susu kental manis pada sarapan bisa menjadi salah satu penyemangat Anda dalam memulai aktivitas di pagi hari.

Pasalnya, susu kental manis tak hanya merupakan bahan pelengkap makanan atau minuman yang ekonomis dan praktis, tetapi juga dapat menjadi penambah sumber energi bagi tubuh.

Hal tersebut pun sangat berguna bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan, malas bangun pagi, bosan dengan menunya, hingga tidak memiliki nafsu makan di pagi hari.

Sebab, susu kental manis yang praktis bisa menjadi cara untuk menyiapkan sarapan dalam waktu singkat.

Cita rasa yang nikmat juga menjadi manfaat susu kental manis jika Anda tidak memiliki nafsu makan di pagi hari.

Baca juga: Kalori Kental Manis untuk Menunjang Aktivitas Harian

Jika Anda merasa sarapan memicu kantuk di pagi hari, beralihlah pada menu yang ringan tetapi mengenyangkan. Sebagai penambah cita rasa makanan, manfaat susu kental manis bisa Anda maksimalkan.

Apalagi, produk susu kental manis hadir dalam berbagai varian rasa. Ini bisa menjadi salah satu manfaat susu kental manis bagi Anda yang bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja.

Sebagai contoh, Anda bisa mengombinasikan menu sarapan dengan  susu kental manis sebagai topping atau bahan taburan pada menu sarapan, seperti smoothie, kopi susu, roti isi, salad buah, hingga panekuk.

Kandungan susu kental manis

Seperti disinggung di atas, manfaat susu kental manis tidak hanya terletak pada kenikmatannya, tetapi juga kandungannya yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Susu Kental Manis, Kandungan dan Manfaatnya

Sebagai contoh, susu kental manis dengan label bertuliskan full cream mengandung zat gizi makro, yakni protein, karbohidrat, dan lemak.

Manfaat susu kental manis tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan energi harian. Dipadu dengan pola makan sehat dan olahraga teratur, manfaat susu kental manis pun bisa mendukung kegiatan harian yang aktif.

Mengutip laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), susu kental manis merupakan produk yang dibuat dari susu.

Subkategori susu kental dan analognya (termasuk di dalamnya susu kental manis) merupakan salah satu subkategori dari kategori susu dan hasil olahannya.

Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan POM Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan yang ditetapkan mengacu pada ketentuan Codex Alimentarius Commission, proses produksi dan produk akhir susu kental manis harus memenuhi ketentuan, antara lain kandungan lemak susu dan protein.

Baca juga: Manfaat Susu Kental Manis sebagai Pelengkap Sarapan 

Manfaat susu kental manis di menu sarapan

Selain cita rasanya yang nikmat dan kandungannya yang berguna untuk tubuh, berikut penjelasan lengkap manfaat susu kental manis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com