Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalori Kental Manis di Resep Easy Milk Bread, Mudah Dibuat

Kompas.com - 14/03/2022, 09:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kalori kental manis dalam makanan dan minuman bisa menjadi salah satu camilan, penunjang kebutuhan energi untuk beraktivitas.

Oleh karenanya, kalori kental manis menjadi bahan makanan serbaguna yang cocok digunakan untuk berbagai kreasi camilan, mulai dari penambah rasa dalam adonan hingga topping atau taburan di atas makanan atau minuman.

Salah satu contoh makanan yang cocok ditambahkan kalori kental manis adalah easy milk bread. Roti manis dari Jepang ini bernama asli shokupan atau “roti makanan”.

Easy milk bread mulai banyak digunakan di Jepang pada 1970-an dan dianggap sebagai makanan ringan untuk camilan atau dessert. Pada 2000-an, roti ini lantas mulai populer di berbagai belahan dunia karena rasanya yang nikmat dan mudah dibuat.

Tak hanya itu, easy milk bread yang karakteristiknya mirip roti sobek ini memiliki bahan-bahan yang praktis sehingga mudah dikreasikan dengan selera masing-masing.

Melansir cookmorphosis.com, Kamis (13/5/2021), berikut cara mudah membuat easy milk bread dengan tambahan kalori kental manis yang nikmat.

Baca juga: Resep Roti Sobek Jepang yang Viral, Japanese Milk Bread Tanpa Telur

Bahan:

  • 450 gram tepung kue
  • 1 sdm ragi instan
  • ½ sdt garam
  • 250 ml susu murni atau susu full cream dalam suhu kamar 
  • 125 ml gelas kental manis untuk campuran adonan
  • 1 butir telur ukuran sedang
  • 2 ons mentega tawar dilunakkan, pada suhu kamar, potong-potong
  • 1 butir telur ukuran sedang untuk olesan
  • 1 sdm susu murni untuk olesan 
  • 3 sdm susu kental manis untuk olesan

Baca juga: Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi, asalkan..

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan kering (tepung, ragi, garam) dalam mangkuk, aduk hingga rata. Jika menggunakan mikser, aduk pada kecepatan lambat.
  2. Tambahkan bahan basah (susu murni/full cream, kalori kental manis, telur) ke dalam bahan kering dan uleni sampai adonan setengah kalis dan mulai terbentuk. Gunakan spatula karet untuk mengikis tepung yang masih menempel di sisi mangkuk jika perlu.
  3. Tingkatkan kecepatan menjadi sedang, lalu tambahkan mentega lunak satu per satu. Lanjutkan mengaduk adonan hingga kalis dan elastis.
  4. Uleni dengan tangan agar lebih maksimal. Pindahkan adonan ke permukaan yang ditaburi sedikit tepung (sekitar 1 sdm sudah cukup).
  5. Bentuklah bola kasar dengan cara menarik adonan bagian tepi ke arah badan, seperti gerakan melipat baju. Lalu, tekan adonan dengan telapak tangan hingga rata dan ulangi lagi gerakan melipat.
  6. Putar adonan 90 derajat dan ulangi proses melipat dan menekan untuk beberapa kali sampai adonan membentuk bola bulat yang benar-benar halus, kurang lebih 1 sampai 2 menit. Anda dapat menaburkan sedikit tepung sesuai kebutuhan jika adonan menjadi sedikit lengket.
  7. Masukkan bola adonan bulat yang halus (sisi jahitan ke bawah) ke dalam mangkuk besar yang dilumuri sedikit minyak.
  8. Tutup rapat dan biarkan adonan mengembang hingga dua kali lipat ukuran awal, kira-kira 1,5 hingga 2 jam.
  9. Setelah adonan mengembang, pukul-pukul adonan agar mengempis lalu pindahkan ke permukaan yang sudah ditaburi sedikit tepung. Bentuk adonan yang sesuai dengan ukuran loyang Anda.
  10. Gunakan pisau untuk memotong adonan sesuai selera, misalnya potong menjadi beberapa bulatan atau kotak dengan ketebalan yang sama untuk mendapatkan bentuk roti sobek. Anda bisa juga mengisi potongan-potongan tersebut dengan isian cokelat, keju, hingga selai.
  11. Diamkan kembali adonan selama 15 menit. Setelah itu, susun adonan dengan rapi secara berdempetan ke dalam loyang yang diolesi sedikit mentega. Tutup longgar dengan bungkus plastik dan biarkan adonan mengembang hampir dua kali lipat lagi, kira-kira 1 hingga 1,5 jam.
  12. Panaskan oven terlebih dahulu hingga bersuhu 350 Fahrenheit (F). Olesi sedikit bagian atas adonan dengan kocokan telur.
  13. Panggang selama 35 hingga 40 menit. Ingatlah untuk memutar loyang di tengah proses.
  14. Begitu roti keluar dari oven, olesi tipis-tipis permukaan atas dengan kalori kental manis yang telah dicampur dengan mentega tawar yang telah dilunakkan hingga tampak mengkilap
  15. Terakhir, biarkan roti benar-benar dingin hingga suhu kamar sebelum disajikan.

Baca juga: Susu Kental Manis dalam 4 Resep Roti Sobek untuk Sarapan

Catatan:

  • Jika tidak memiliki tepung kue, Anda bisa menggunakan tepung serbaguna. Tinggal kurangi takaran sebanyak 54 gram dan tambahkan dan tambahkan 7 sdm tepung jagung per gelas atau sebanyak 105 gram.
  • Selain dijadikan topping, kalori kental manis dapat dijadikan isian dalam bentuk selai. Bahan yang Anda perlukan adalah 2 sdm kalori kental manis, 1 ½ sdm susu bubuk, 2 sdm tepung terigu, 1 sdm margarine, dan 10 sdm air. Aduk semuanya hingga mengental.
  • Adonan bisa dibentuk layaknya roti tawar sehingga bisa dikreasikan ke berbagai jenis camilan, misalnya french toast sederhana dengan tambahan topping kalori kental manis.
  • Jika tidak memiliki oven, Anda bisa menggunakan penggorengan dengan penutup yang dimasak dengan api kecil selama 9-10 menit. Jangan lupa balik adonan dengan tutup panci atau piring agar tidak rusak. Masak lagi selama 5 menit dengan api kecil.

Ilustrasi easy bread milk. (Shutterstock/TalyaAL) Ilustrasi easy bread milk.

Untuk diketahui, kalori kental manis merupakan produk turunan dari susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu. 

Baca juga: Susu Kental Manis di 4 Kreasi Roti Bakar untuk Sarapan

Kalori kental manis sudah mengandung gula yang memenuhi standar aturan berlaku. Dalam sejarah pembuatan kental manis, gula memiliki peranan sebagai pengawet alami, karena sifatnya yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan fermentasi pada produk susu.

Tak hanya menambahkan kenikmatan makanan, konsumsi kalori kental manis yang sesuai dengan kebutuhan bisa memberi pasokan energi untuk tubuh karena mengandung zat gizi makro, yakni protein, karbohidrat, dan lemak. 

Kalori kental manis biasanya mengandung energi sebanyak 130 kilokalori (kkal) per sasetnya dan terdapat berbagai vitamin dan mineral.

Easy milk bread dengan kalori kental manis cocok disantap sembari bercengkrama bersama keluarga atau teman-teman atau pengganjal perut saat bekerja atau belajar. 

Untuk mendapatkan kalori kental manis sebagai topping atau campuran easy milk bread, Anda bisa membelinya di warung terdekat, minimarket, hingga pasar swalayan. 

Kalori kental manis tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari kaleng, pouch, hingga saset dengan harga terjangkau.

Baca juga: Susu Kental Manis, Kandungan dan Manfaatnya

Saat membeli kental manis, jangan lupa cek keadaan kemasan, tanggal kadaluarsa, izin edar produk, hingga informasi pada label untuk mengecek kalori kental manis.

Easy milk bread bisa dibungkus dengan bungkus plastik dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering pada suhu kamar dan bertahan hingga tiga hari.

Itulah resep membuat easy milk bread dengan topping kalori kental manis. Bagaimana mudah bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com