Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacang Mete Khas Sumba, Produk dari Petani Lokal

Kompas.com - 14/05/2023, 10:06 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kacang mete merupakan bahan makanan yang sering ditemui baik sebagai campuran maupun pelengkap suatu makanan.

Kacang mete yang dijual dipasaran bermacam-macam, ada yang dalam bentuk mentah, panggang, maupun goreng. 

Selain kacang mete Wonogiri, ada juga kacang mete asal Sumba yang berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Salah satu produk lokal kacang mete asal Sumba yaitu Kacang Mete Sosrait by Talasi. 

Baca juga:

Kerja sama dengan petani lokal Sumba

Arianne Putri selaku E-commerce Specialist Kacang Mete Sosrait by Talasi menjelaskan bahwa mereka bekerja sama dengan para petani lokal untuk mendistribusikan kacang mete khas Sumba ini.

“Kami bekerja sama dengan petani lokal untuk memutus rantai supply chain sehingga bisa memajukan perekonomian petani dan UMKM tetap mendapat barang bagus seperti kualitas ekspor,” ujar Arianne saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (13/05/2023).

Selain itu, keuntungan bagi petani adalah hasil panen mereka bisa didistribusikan secara luas dan dibeli dengan harga yang sepantasnya.

Sering dibeli oleh UMKM untuk diolah dan dijual kembali

Kacang metePixabay/ReadyElements Kacang mete

Arianne mengatakan bahwa kacang mete khas Sumba ini biasanya dibeli oleh UMKM maupun toko kue untuk nantinya diolah kembali menjadi suatu produk baru. 

“Biasanya kacang mete kami ada yang dibeli lalu diolah kembali menjadi bumbu dapur, digoreng atau dipanggang menjadi camilan, dan sebagai topping kue,” lanjutnya.

Baca juga:

Dikemas berdasarkan ukuran butiran kacang mete

Kacang mete khas Sumba ini dijual dalam kondisi setengah matang dan sudah dikemas sesuai dengan ukuran kacang mete tersebut.

“Kami sudah grading berdasarkan grading internasional, mulai dari butir paling besar, paling kecil, hingga butir kacang mete yang pecah-pecah,” kata Arianne.

Kacang mete khas Sumba rasanya manis, gurih, dan wangi. Kacang mete dikemas dan divacuum sehingga bisa tahan hingga satu tahun. Jika kemasan sudah dibuka, kacang mete bisa tahan sekitar enam bulan.

“Cara penyimpanannya mudah. Cukup letakkan kacang mete di dalam wadah tertutup dan kedap udara. Jauhkan dari sinar matahari langsung. 

Harga kacang mete khas Sumba ini mulai dari Rp 123 ribu. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi situs resmi Sosrait maupun e-commerce.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com