Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Olah Kacang Mete agar Renyah dan Tidak Gosong

Kompas.com - 20/04/2023, 12:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Kacang mete goreng biasa dihidangkan di meja ruang tamu rumah orang Indonesia saat Lebaran. Selain membelinya secara langsung, kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah.

Namun, mengolah kacang mete sering kali menjadi tantangan tersendiri. Karena sering kali kacang mete yang gosong atau tidak renyah.

Dalam artikel ini, ada penjelasan singkat mengenai tips dan trik untuk mengolah kacang mete agar tidak gosong dan tetap renyah tahan lama.

Mulai dari pemilihan kacang mete yang segar, pengaturan suhu dan waktu saat memanggang, hingga teknik penyimpanan yang tepat.

Baca juga:

1. Pilih kacang mete dari tampilannya

Dilansir dari buku "Resep Favorit untuk Usaha - Camilan Kacang" oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, pilih kacang mete yang punya tampilan warna putih kecoklatan.

2. Hindari pilih kacang yang berlubang

Lihati juga tekstur kacang mete, hindari yang teksturnya berbecak dan punya lubang banyak. Itu bisa saja menandakan kalau kacang mete menyimpan kotoran dan putu.

3. Rendam dalam air hangat

Sebelum diolah, rendam kacang mete di dalam air hangat bercampur garam selama 15-30 menit. Angkat dan tiriskan kacang mete.

4. Sangrai kacang mete

Ditambahkan dari buku yang sama, sangrai kacang mete lebih dulu.

Cara ini bisa membuat kacang mete renyah tahan lama. Gunakan api kecil agar hasilnya tidak gosong.

5. Dinginkan kacang mete

Sebelum digoreng, dinginkan kacang mete di suhu ruang. Kacang mete yang masih panas setelah disangrai kemudian digoreng bisa membuatnya cepat gosong.

6. Panggang kacang selama tiga menit

Selain digoreng, kamu juga bisa memanggang kacang mete. Siapkan oven dan atur suhu panas selama 100 derajat celsius. Panggang selama tiga sampai tujuh menit.

7. Simpan kacang mete di tempat yang sejuk

Kamu bisa menyimpan kacang mete di kulkas untuk memperpanjang usianya. Kacang mete bisa bertahan selama empat hingga lima bulan.

Buku "Resep Favorit untuk Usaha - Camilan Kacang" oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com