Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Bawang Goreng agar Renyah Tahan Lama

Kompas.com - 08/02/2022, 12:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Bawang goreng merupakan salah satu kondimen yang umum digunakan dalam masakan Indonesia. Sajian ini kerap dipakai untuk taburan nasi uduk atau masakan seperti opor.

Resep bawang goreng sebetulnya simpel, hanya perlu bawang merah. Namun jika cara menggorengnya keliru bawang goreng menjadi melempem dan tidak renyah. 

Baca juga:

Berikut cara membuat bawang goreng agar renyah dari "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbotan Andi Publisher yang bisa diikuti.

1. Rendam dalam air garam 

Salah satu cara membuat bawang goreng renyah yakni dengan merendam irisan di air garam. Proses perendaman dapat dilakukan sekitar 15 menit. 

Setelah direndam bawang merah iris ini bisa langsung digoreng. 

Ilustrasi bawang merah. PIXABAY/ELLY DWI PRASETYO Ilustrasi bawang merah.

2. Taburi garam dan angin-anginkan 

Selain direndam, bawang merah iris juga dapat ditaburi dengan garam halus lalu dicampur hingga rata. Kemudian, tuang di atas tampah lalu ratakan agar tidak saling tidih.

Selanjutnya, angin-anginkan bawang merah sekitar 15-20 menit sebelum digoreng. Cara ini dapat membuat bawang merah goreng lebih gurih dan renyah tahan lama. 

Baca juga:

3. Beri tepung terigu

Tepung terigu dapat membantu menjaga kerenyahan bawang goreng. Untuk menggunakannya, cukup lumuri bawang merah kupas dengan tepung terigu lalu ratakan. 

Ilustrasi bawang merah. SHUTTERSTOCK/ABAMJIWA AL-HADI Ilustrasi bawang merah.

4. Goreng di minyak panas sedang 

Menggoreng bawang merah sebaiknya tidak menggunakan minyak yang terlalu panas. Sebab minyak panas dapat membuat bawang merah mudah gosong dan pahit. Terlebih jika apinya terlalu besar. 

Baca juga:

Penggorengan bawang merah juga dilakukan hingga warnanya kuning kecoklatan. Hal ini dilakukan agar bawang merah tidak pahit. 

5. Tiriskan dengan kertas roti

Meniriskan bawang merah goreng juga menjadi kunci kerenyahannya. Setelah berubah kecoklatan segera angkat bawang merah goreng menggunakan serok lalu tiriskan. 

Setelah minyaknya tidak menetes, taruh bawang merah goreng di kertas roti atau tisu dapur. Kemudian, diamkan hingga dingin sebelum disimpan agar tidak bau tengik. 

Baca juga: Mengulik Bawang Merah, Bumbu Penyedap Masakan Indonesia

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbotan Andi Publisher dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com