Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Brown Sugar? Biasa Diolah Jadi Minuman Kekinian

Kompas.com - 21/11/2021, 21:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin kamu tidak asing dengan kata brown sugar. Pasalnya, sudah banyak kafe atau kedai minuman kekinian yang menjual menu brown sugar.

Namun, pernahkah kamu penasaran untuk mengetahui lebih jauh seputar brown sugar? Seperti terbuat apakah brown sugar itu sebenarnya?

Berikut, penjelasan singkat mengenai apa itu brown sugar? Bahan yang biasa jadi minuman kekinian.

Baca juga:

Apa itu brown sugar?

Ilustrasi brown sugar terbuat dari gula putih ditambah molase. SHUTTERSTOCK/KATRINSHINE Ilustrasi brown sugar terbuat dari gula putih ditambah molase.

Melansir dari laman Food Insight, brown sugar dihasilkan dengan cara sama seperti proses menghasilkan gula pasir putih. Hanya saja terdapat penambahan molases pada prosesnuya.

Molase didapatkan dari sari tebu atau yang bisa disebut juga dengan tetesan tebu, yang mana membuat warna merah tua atau cokelat pada brown sugar.

Terlepas dari bagaimana cara produksinya, brown sugar mengandung setidaknya sekitar 85 persen sukrosa.

Baca juga:

Penggunaan brown sugar pada masakan

Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGESFACTORYCOM Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar.

Seperti yang kita tahu, brown sugar biasanya digunakan untuk bahan membuat aneka minuman.

Melansir dari laman The Spruce Eats, ada penggunaan brown sugar yang paling umum adalah sebagai pemanis. Itu artinya, kamu juga bisa menambahkan brown sugar dalam makanan yang dipanggang, saus, bumbu masakan, atau bumbu rendaman daging.

Cara simpan brown sugar yang benar

Masih dalam laman yang sama, ada cara simpan brown sugar yang benar. Caranya adalah simpan brown sugar di dalam wadah kedap udara.

Wadah kedap udara bisa mempertahankan kadar airnya. Brown sugar yang terlalu sering terkena udara bisa mengeras karena uap airnya perlahan menguap.

Brown sugar tidak memiliki masa simpan yang pasti. Hanya saja, kalau kamu menyimpannya dengan benar maka kualitasnya masih terjaga dalam waktu dua tahun.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com