Kompas.com - 20/11/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin. SHUTTERSTOCK/NIKCOAIlustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.

KOMPAS.com - Penderita diabetes harus membatasi asupan gula harian. Meski begitu, penderita diabetes masih bisa mencicipi cita rasa manis dari bahan pemanis pengganti gula.

Ada sejumlah pemanis pengganti gula yang aman digunakan oleh penderita diabetes yang sudah melalui berbagai hasil penelitian.

Pemanis pengganti gula tersebut memiliki tingkat manis serupa dengan gula pasir.

Selain lima pemanis pengganti gula untuk penderita diabetes di bawah masih ada manis dari buah-buahan seperti gula buah bit dan madu untuk pengganti gula.  

Baca juga:

1. Sakarin

Menurut jurnal penelitian National Center for Biotechnology Information (NCBI), sakarin merupakan pemanis non nutrisi yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sakarin bisa memberikan 200 hingga 700 kali rasa lebih manis dibandingkan dengan gula pasir.

Buku "Penderita Diabetes Boleh Makan Apa Saja" (2021) oleh Dr Hans Tandra terbitan Gramedia Pustaka Utama menulis, sakarin merupakan pemanis yang tahan terhadap panas sehingga baik untuk diolah atau dimasak.

Pemanis ini biasanya terdapat dalam permen karet, obat, dan beberapa produk makanan serta minuman lainnya.

Baca juga: 5 Cara Terapkan Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

2. Stevia

Stevia merupakan pemanis alami dari tanaman stevia rebaudiana yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Stevia termasuk pemanis rendah kalori yang memiliki rasa manis kuat dan sudah dikenal lama sebagai ramuan obat zaman kuno.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.