Apa Bedanya Brown Sugar dan Palm Sugar?

Kompas.com - 14/07/2020, 09:09 WIB
Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGESFACTORYCOMIlustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar.

 

KOMPAS.com - Ada banyak suguhan manis bahkan gurih yang bisa dibuat dengan menambahkan palm sugar (gula palem) maupun brown sugar (gula coklat).

Baca juga: Apa Bedanya Gula Aren dan Gula Merah, Pemanis Kue Tradisional

Memahami perbedaan antara kedua gula ini, akan dapat membantu kamu untuk mencoba berbagai resep baru. Sebab, penambahan kedua gula ini ke dalam masakanan, dapat memengaruhi hasil hidangan.

Dilansir dari Awalk My Way, berikut ini perbedaan palm sugar dan brown sugar yang perlu diketahui.

Kandungan gula

Umumnya, brown sugar terbuat dari sukrosa 95 persen dan molase 5 persen. Sukrosa terdiri dari 50 persen fruktosa dan 50 persen glukosa.

Sementara palm sugar terbuat dari sukrosa 70 persen dan sisanya terdiri dari molekul individu fruktosa dan glukosa.

Jadi pada dasarnya kedua jenis gula ini terdiri dari molekul yang sama yakni gula.

Brown sugar

Mungkin salah satu perbedaan terbesar dalam brown sugar dibandingkan palm sugar adalah asal usulnya. Brown Sugar adalah gula putih yang ditambahkan dengan molase pada sari tebu atau disebut juga tetes tebu.

Molase itu memberi warna cokelat pada gula, sedangkan pada produksi gula putih biasa molase akan dipisahkan dari sari tebu. Ada sekitar 10 persen molase yang ada di dalam brown sugar.

Ilustrasi brown sugar terbuat dari gula putih ditambah molase. SHUTTERSTOCK/KATRINSHINE Ilustrasi brown sugar terbuat dari gula putih ditambah molase.

Palm sugar (gula kelapa)

Gula kelapa dibuat melalui dua tahap untuk menghasilkan gula berbentuk butiran, blok, atau cair.

Pertama, nira diambil dan dikumpulkan dari pohon kelapa. Kemudian nira ditempatkan dalam wajan besar dan dimasak dengan api sedang sampai kandungan airnya menguap.

Proses memasak menyebabkan terjadinya karamelisasi menyebabkan gula berwarna coklat.

Saat membeli gula kelapa, pastikan kamu memeriksa label bahan untuk memastikan bahwa gula kelapa yang dibeli murni, tidak mengandung gula tebu.

Sebab ada sebagian besar produsen menambahkan gula tebu ke dalam gula palem untuk menghemat biaya produksi.

Rasa dan tekstur

Palm sugar dan brown sugar memiliki rasa yang sangat mirip, yakni rasa seperti karamel. Namun, tekstur kedua gula ini yang membedakan.

Brown sugar mempunyai tekstur sedikit lembap karena penambahan molase. Karena gula ini berasal dari gula putih, ukuran butirannya halus dan seragam. Brown sugar akan mudah larut di dalam cairan seperti mentega leleh.

Palm sugar memiliki butiran yang jauh lebih besar karena dibuat dengan mengeringkan getah.

Proses produksi palm sugar dilakukan secara alami, sehingga karena pengolahannya menyebabkan rasa dan teksturnya kurang mencolok dibanding brown sugar.

Palm sugar tidak dapat larut dengan baik jika dicampur ke dalam mentega dan dapat meninggalkan corak butir-butir pada makanan yang dipanggang.

Namun, palm sugar akan larut dengan baik jika dicampurkan ke dalam air. Oleh karena itu, palm sugar dapat ditambahkan ke dalam minuman kopi atau teh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X