Kompas.com - 03/09/2020, 21:22 WIB
Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGESFACTORYCOMIlustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar.

KOMPAS.com - Saat membuat kue, gula adalah salah satu bahan penting pada proses pembuatannya.

Beberapa gula dikhususkan untuk membuat kue tertentu. Seperti brown sugar, gula kastor, gula halus, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Bahan Pengganti Brown Sugar, Coba di Rumah untuk Bikin Kue

Melansir Sugar Salt Magic dan My Baking Addiction, beberapa jenis gula memiliki karakter, tekstur dan kegunaan yang berbeda. Ini penjabarannya :

1. Gula pasir

Gula satu ini paling umum ditemukan di dapur rumahmu. Gula ini memiliki tekstur yang sedikit kasar dan bentuk seperti kristal.

Gula pasir sering kali menjadi bahan membuat kue dan akan mudah larut jika terkena panas. Sering kali digunakan sebagai pemanis dalam minuman.

2. Gula kastor

Ilustrasi gula kastor yang teksturnya di antara gula pasir dan gula bubuk. SHUTTERSTOCK/INGRIDHS Ilustrasi gula kastor yang teksturnya di antara gula pasir dan gula bubuk.

Sering juga disebut sebagai “gula halus”, gula kastor dapat digunakan pada adonan yang dikocok ataupun sebagai taburan buah segar.

Baca juga: 3 Fakta Gula Kastor, Gula Halus untuk Membuat Kue Busa

Meskipun gula kastor lebih halus daripada gula pasir, tetapi gula kastor tetap memiliki sedikit tekstur butiran gula pasir, tidak seperti gula halus bubuk.

Ada dua jenis gula kastor, yaitu varietas biasa (berwarna putih) dan emas (berwarna kecoklatan).

Sebab tekstur gula kastor lebih ringan daripada gula pasir, gula kastor sangat cocok untuk membuat meringue, souffle, dan mousse, serta untuk mempermanis krim kocok (whipped cream).

3. Gula bubuk

Gula bubuk atau icing sugar adalah gula pasir yang digiling menjadi bubuk sangat halus dan ditambahkan sedikit zat anti-caking yaitu tepung jagung atau tepung maizena.

Gula bubuk paling sering digunakan untuk lapisan gula dan frosting. Gula ini juga menjadi bahan utama untuk bahan dekorasi kue seperti fondant dan pasta bunga.

Gula bubuk juga sering menjadi bahan dasar aneka cream, seperti cheese cream untuk red velvet dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X