Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fakta Gula Kastor, Gula Halus untuk Membuat Kue Busa

Kompas.com - 31/08/2020, 08:08 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada pembuatan kue, ada berbagai nama jenis gula yang kita temui pada resep. Salah satunya adalah gula kastor atau dalam Bahasa Inggris disebut caster sugar atau castor sugar.

Baca juga: Apa Bedanya Brown Sugar dan Palm Sugar?

Sebagian orang mungkin masih bingung dan bertanya-tanya, apa itu gula kastor? Bagaimana bentuknya? Apa fungsinya?

Berikut ini penjelasan mengenai gula kastor supaya kamu lebih paham tentang jenis gula satu ini.

1. Definisi gula kastor

ilustrasi gula kastorPIXABAY/PEZIBEAR ilustrasi gula kastor

Melansir The Spruce Eats, gula kastor adalah istilah untuk gula pasir yang sangat halus. Jenis gula ini sering digunakan oleh para pembuat roti atau juru masak untuk membuat meringue, custard, permen, mousse dan sebagainya.

Gula kastor juga dikenal sebagai “gula halus” yang dapat digunakan pada adonan yang dikocok ataupun sebagai taburan buah segar.

Meskipun gula kastor lebih halus daripada gula pasir, tetapi gula kastor tetap memiliki sedikit tekstur butiran gula pasir, tidak seperti gula halus bubuk.

Konsistensi gula kastor berada di tengah-tengah antara gula pasir dan gula bubuk. Ada dua jenis gula kastor, yaitu varietas biasa (berwarna putih) dan emas (berwarna kecoklatan).

Jenis gula kastor emas dibuat dari tebu atau bit yang tidak dimurnikan dan selama pemrosesan mempertahankan beberapa tetes tebu (molase), yang memberi warna coklat muda dan sedikit karamel, serta rasa mentega.

Baca juga: 7 Bahan Pengganti Brown Sugar, Coba di Rumah untuk Bikin Kue

2. Penggunaan gula kastor dalam makanan

Ilustrasi meringue, kue busa terbuat dari gula kastor. SHUTTERSTOCK/HELGA YASTREBOVA23 Ilustrasi meringue, kue busa terbuat dari gula kastor.

Karena tekstur gula kastor lebih ringan daripada gula pasir, gula kastor sangat cocok untuk membuat meringue, souffle, dan mousse, serta untuk mempermanis krim kocok (whipped cream).

Butiran gula kastor yang halus dapat lebih mudah dan lebih cepat larut dalam putih telur dan campuran krim.

Gula kastor juga dapat menambah volume pada cookie (kue kering) dan cake, tambahan untuk sorbet, sebagai taburan di atas buah-buahan dan untuk campuran minuman dingin karena sifatnya yang mudah larut.

Meskipun gula kastor juga termasuk gula halus, gula ini tidak disarankan digunakan pada frosting, icing, atau buttercream.

Frosting, icing dan buttercream adalah adonan krim halus yang digunakan sebagai hiasan. Butiran gula kastor tidak cukup halus untuk ditambahkan ke dalam krim hiasan tersebut.

Jika gula kastor dipakai untuk krim hiasan tersebut, hasil adonan krim nantinya akan berpasir yang kurang cocok dipakai sebagai hiasan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com