Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Indonesia di Rumah Perwira Jepang

Kompas.com - 29/09/2022, 07:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Isi teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi deklarasi bersejarah bangsa ini saat menyatakan merdeka dari belenggu penjajahan. Lantas, bagaimana sejarah perumusan teks Proklamasi Indonesia dilakukan di rumah perwira Jepang?

Dua kalimat dalam isi teks proklamasi yang diketik Sayuti Melik ini selalu dikumandangkan setiap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, sebagai pengingat bahwa para pendiri bangsa ini melalui banyak perjuangan demi meraih kemerdekaan dari penjajah.

Proklamasi, Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

Kendati bunyi teks Proklamasi ini sangatlah singkat, namun, sejarah dibalik perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini penuh dengan kisah yang tak biasa.

Baca juga: Apa Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?

Sejarah perumusan teks Proklamasi dilakukan di rumah seorang perwira Jepang bernama Laksamana Tadashi Maeda, oleh para pendiri bangsa, Ir Soekarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Soebardjo, seperti diberitakan Kompas.com, 16 Agustus 2021.

Sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso menjelaskan, sebelum perumusan teks proklamasi Indonesia dilakukan, Ir Soekarno dan Mohammad Hatta sempat dibawa para tokoh pemuda ke Rengasdengklok.

Pada 16 Agustus 1945, sekembalinya dari Rengasdengklok, Bung Karno dan Bung Hatta pun segera merumuskan naskah proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumah Laksamana Maeda.

Kekalahan Jepang terhadap tentara sekutu, Amerika Serikat, setelah dua kota, Nagasaki dan Hiroshima dibom atom, membuat Kaisar Hirohito menyatakan tunduk pada sekutu pada 11 Agustus 1945.

Sejak saat itu, Jepang tak lagi dalam posisi berkuasa di Indonesia, dan menurut Bondan, Jepang mulai mendukung Indonesia.

Inilah sejarah bagaimana perumusan isi teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dilakukan di rumah seorang perwira Jepang, Laksamana Maeda.

Baca juga: Bagaimana Proses Penyusunan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com