Kompas.com - 28/09/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Manusia membutuhkan sesuatu untuk membawa bayi mereka saat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dan rupanya, gendongan bayi bukan hanya dipakai di era modern, melainkan sudah digunakan bahkan sejak 10.000 tahun yang lalu.

Mengutip Phys, Rabu (28/9/2022) selama ini hanya ada sedikit bukti kuat mengenai gendongan bayi.

Tak ada kain gendongan bayi yang terlihat dalam penggalian arkeologi dan sangat sedikit penguburan bayi prasejarah, sehingga praktik ini pun masih diragukan.

Baca juga: Berusia 10.000 Tahun, Ini Kuburan Bayi Perempuan Tertua di Eropa

Sekarang, dalam studi yang terbaru, peneliti dari Universite de Montreal menemukan bukti penggunaan gendongan bayi sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Temuan ini pun mampu mengungkap, bagaimana anak-anak prasejarah dirawat dan terhubung secara sosial dengan komunitas mereka.

Dalam studi ini, peneliti menggabungkan metode analisis inovatif untuk mengekstrak informasi yang sulit diperoleh dari cangkang berlubang manik-manik yang ditemukan di pemakaman bayi perempuan yang dijuluki Neve di situs gua Arma Veirana, Liguria, Italia.

Peneliti lantas menggunakan model 3D fotogrametri beresolusi tinggi, yang dikombinasikan dengan pengamatan mikroskopis serta analisis micro CT scan dari manik-manik.

Hal tersebut dilakukan untuk mendokumentasikan secara rinci bagaimana pemakaman terjadi dan bagaimana kemungkinan manik-manik terbentuk, termasuk penggunaannya untuk Neve dan komunitasnya selama hidup dan kematiannya.

Baca juga: 10.000 Tahun Lalu Tembakau Sudah Digunakan Manusia, Ini Buktinya

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa manik-manik dijahit pada potongan kulit atau kain yang digunakan untuk membungkus Neve dalam penguburannya.

Halaman:
Sumber PHYSORG


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.