Kompas.com - 28/09/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Manusia membutuhkan sesuatu untuk membawa bayi mereka saat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dan rupanya, gendongan bayi bukan hanya dipakai di era modern, melainkan sudah digunakan bahkan sejak 10.000 tahun yang lalu.

Mengutip Phys, Rabu (28/9/2022) selama ini hanya ada sedikit bukti kuat mengenai gendongan bayi.

Tak ada kain gendongan bayi yang terlihat dalam penggalian arkeologi dan sangat sedikit penguburan bayi prasejarah, sehingga praktik ini pun masih diragukan.

Baca juga: Berusia 10.000 Tahun, Ini Kuburan Bayi Perempuan Tertua di Eropa

Sekarang, dalam studi yang terbaru, peneliti dari Universite de Montreal menemukan bukti penggunaan gendongan bayi sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Temuan ini pun mampu mengungkap, bagaimana anak-anak prasejarah dirawat dan terhubung secara sosial dengan komunitas mereka.

Dalam studi ini, peneliti menggabungkan metode analisis inovatif untuk mengekstrak informasi yang sulit diperoleh dari cangkang berlubang manik-manik yang ditemukan di pemakaman bayi perempuan yang dijuluki Neve di situs gua Arma Veirana, Liguria, Italia.

Peneliti lantas menggunakan model 3D fotogrametri beresolusi tinggi, yang dikombinasikan dengan pengamatan mikroskopis serta analisis micro CT scan dari manik-manik.

Hal tersebut dilakukan untuk mendokumentasikan secara rinci bagaimana pemakaman terjadi dan bagaimana kemungkinan manik-manik terbentuk, termasuk penggunaannya untuk Neve dan komunitasnya selama hidup dan kematiannya.