Kompas.com - 28/09/2022, 18:32 WIB


KOMPAs.com - Super food kelor telah memberikan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat daun kelor juga sangat berkhasiat mengobati berbagai keluhan pria, dari kesuburan hingga masalah disfungsi ereksi.

Moringa oleifera atau kelor adalah tanaman asli dari Asia dan Afrika. Pohon kelor disebut sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat ajaib dan berkhasiat tinggi. Bahkan, seluruh bagian pohon kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat, karena dinilai memiliki khasiat dan gizi tinggi.

Seperti dikutip Healthline, pohon, akar, buah, hingga daun kelor telah dimanfaatkan sejak lama di India Barat, sebagai bahan penngobatan herbal dan digunakan untuk mengobati lebih dari 300 kondisi kesehatan.

Kendati sudah banyak studi ilmiah yang telah membuktikan khasiat kelor, namun sebagian besar manfaat super food kelor ini yang selama ini telah digunakan oleh masyarakat tradisional, belum dapat diketahui seluruhnya.

Namun, dari banyak hal yang dipelajari dari manfaat kelor untuk pria dan seluruh bagian tanaman ini, ada beberapa manfaat bagi kesehatan pria.

1. Manfaat super food kelor untuk prostat pria

Biji dan daun kelor, dalam banyak studi telah diketahui sangat kaya akan senyawa yang mengandung belerang yang disebut glukosinolat. Senyawa glukosinolat pada daun kelor ini diyakini memiliki sifat antikanker. 

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di PubMed National Library of Medicine, menunjukkan hasil studi tabung reaksi dari ekstraksi biji dan daun kelor.

Baca juga: Segudang Manfaat Daun Kelor Berdasarkan Sains, Apa Saja?

Glukosinolat pada tanaman super food kelor ini menunjukkan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada manusia. Dari studi tersebut, memunculkan spekulasi bahwa manfaat super food kelor dapat membantu mencegah hiperplasia prostat jinak (BPH).

Kondisi ini biasanya menjadi lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia pria, yang ditandai dengan pembesaran prostat.

Pembesaran prostat tersebut biasanya akan menyebabkan pria lanjut usia sulit buang air kecil.

Studi tentang hal ini dilakukan pada tikus yang menerima ekstrak daun kelor sebelum diberikan testosteron setiap hari selama 4 minggu untuk menginduksi BPH. Ekstrak yang ditemukan, secara signifikan dapat mengurangi berat prostat.

Studi ini juga menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kelor ini juga dapat menurunkan kadar testosteron pada tikus yang diobati.

Untuk diketahui, pada manusia, kadar testosteron yang rendah dapat mengurangi gairah seks dan fungsi ereksi, yang akan menyebabkan hilangnya massa otot dan menyebabkan pria mengalami depresi.

Kendati studi manfaat daun kelor untuk kesehatan seksual pria ini telah menunjukkan hasil baik pada tikus, namun para peneliti belum menentukan apakah manfaat super food dari eksrak daun kelor ini sama jika studi diujikan pada manusia.

Baca juga: Manfaat Ajaib Daun Kelor untuk Kulit, Cegah Jerawat hingga Bibir Kering

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.