Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Teh Daun Kelor, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Kompas.com - 07/08/2021, 13:04 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comTeh daun kelor disebut-sebut baik untuk meningkatkan imun tubuh, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai manfaat teh daun kelor.

Tanaman kelor memiliki nama latin Moringa oleifera. Ini merupakan tanaman asal India dan Arab, namun telah banyak tumbuh di berbagai negara tropis dan subtropis. Di Indonesia, tanaman ini sering ditanam sebagai pagar hidup dan ditanam di sepanjang ladang atau tepi sawah.

Ternyata, tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan digunakan pula sebagai tanaman obat. Bahkan, tanaman ini mendapat julukan the miracle tree atau tree for life karena manfaatnya yang luar biasa.

Baca juga: Es Teh vs Teh Panas, Mana yang Lebih Sehat?

Dilansir dari WebMD, berikut manfaat teh daun kelor.

Meningkatkan imun tubuh

Kelor memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, kelor masuk ke dalam salah satu superfood karena nutrisi yang dikandungnya. Beberapa kandungan utama yang ada di dalam daun kelor adalah kalsium, vitamin C dan A, zat besi, dan Tiamin.

Jika kebutuhan nutrisi harian terpenuhi, maka imun akan bekerja dengan optimal. Itulah sebabnya teh kelor bisa meningkatkan imun tubuh.

Baik untuk kesehatan jantung

Pada studi yang dilakukan pada hewan, sari daun kelor terbukti bisa meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mengurangi pembentukan plan di arteri.

Baca juga: Minum Teh Setelah Makan Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Penjelasan Ahli

Mengontrol gula darah

Teh daun kelor bisa membantu orang dengan diabetes untuk menjaga kadar gula darah mereka. Telah banyak studi yang dilakukan dan menunjukkan hasil yang positif untuk manfaat yang satu ini. Teh ini menunjukkan manfaatnya ketika dikonsumsi setelah makan.

Pengobatan kanker

Pada penelitian di laboratorium, teh daun kelor bisa memperlambat sel kanker pankreas dan meningkatkan efek obat kemoterapi. Hal ini diduga karena kandungan antioksidan di dalam kelor yang sangat tinggi.

Namun penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut pada manusia untuk menguji efektivitas dan keamannya untuk digunakan pada pasien kanker.

Melindungi dari berbagai penyakit kronis

Kandungan antioksidan yang tinggi, seperti polifenol, tanin, saponin, dan berbagai zat lainnya, mampu melawan inflamasi kronis di berbagai organ. Misalnya, pada otak sehingga mampu mencegah penyakit seperti Alzheimer.

Baca juga: Manfaat Teh Daun Jati Cina, Ampuh Turunkan Kolesterol

Risiko teh moringa

Secara umum, berbagai studi menunjukkan bahwa teh daun kelor aman untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa orang yang perlu menghindari mengonsumsi teh daun kelor, yaitu ibu hamil dan pasien yang menerima kemoterapi.

Sebuah studi terbatas pada hewan menunjukkan bahwa teh daun kelor dihubungkan dengan risiko keguguran. Namun, perlu penelitian lebih jauh untuk mengetahui bagaimana hubungan keduanya.

Untuk kemoterapi, sebaiknya pasien tidak mengonsumsi obat-obatan herbal pendukung, kecuali telah berkonsultasi dengan dokter dan dinyatakan aman oleh dokter.

Itu dia manfaat teh daun kelor. Ternyata sangat menyehatkan, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com