Kompas.com - 26/09/2022, 19:02 WIB


KOMPAS.com - Daun kelor adalah salah satu tanaman ajaib yang juga dikenal sebagai superfood. Kandungan nutrisi dalam daun kelor diyakini sangat baik untuk kulit, dari mengobati jerawat hingga bibir kering.

Moringa oleifera atau kelor adalah ramuan yang telah digunakan selama berabad-abad yang diyakini memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar.

Pohon kelor merupakan tanaman asli Afrika dan Asia, yang umumnya diolah sebagai teh atau dalam bentuk bubuk. Di beberapa negara, daun kelor menjadi bahan pangan yang diolah ke berbagai jenis masakan.

Namun, manfaat daun kelor yang ajaib ini juga dimanfaat juga dalam berbagai produk kecantikan. Banyak produk kecantikan yang dibuat dengan kandungan daun kelor atau bagian lain dari pohon kelor, seperti dibuat krim kulit, parfum, sampo dan kondisioner.

Banyak juga yang menjadikan daun kelor untuk diekstrak menjadi minyak lalu dijadikan minyak pijat karena minyak kelor mudah menyerap dan membuat kulit menjadi lembut dan halus.

Kelor, Moringa oleifera juga disebut para ahli sebagai tanaman jack of all trades. Sebab, seperti dikutip dari Pharm Easy, kandungan daun kelor sangat kaya akan banyak nutrisi baik, seperti vitamin, mineral, asal amino dan asam lemak pelembab.

Baca juga: Apa Itu Daun Kelor dan Manfaatnya?

Nutrisi-nutrisi inilah yang membuat daun kelor dinilai sangat efektif untuk dimanfaatkan dalam hal perawatan kencantikan. Manfaat ajaib daun kelor untuk kecantikan, terutama sangat baik untuk perawatan kulit.

Apa saja nutrisi atau kandungan daun kelor yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan?

Daun moringa atau daun kelor memiliki banyak nutrisi yang sehat untuk kulit karena di antaranya mengandung vitamin A yang merupakan vitamin untuk membangun kolagen. Kolagen adalah komponen penting yang sebenarnya juga diproduksi kulit kita.

Selain itu, daun kelor mengandung vitamin C yang dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, serta daun kelor mengandung vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Berikut manfaat ajaib daun kelor untuk kecantikan, terutama dalam merawat kesehatan kulit.

1. Manfaat ajaib daun kelor untuk cegah penuaan

Kelor yang diolah dalam bentuk bubuk atau minyak membantu memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit. Manfaat daun kelor bubuk atau minyak kelor jika digunakan teratur dapat meremajakan kulit, jika kulit kering dan kusam.

Kandungan daun kelor yang paling utama adalah antioksidan, sehingga manfaat daun kelor untuk kulit dapat dijadikan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit yang menjadi penyebab kerutan pada kulit.

Baca juga: Apa Saja Kandungan Daun Kelor yang Dijuluki Superfood Ini?

Halaman:
Sumber Pharmeasy


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.