Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2022, 09:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sel eukariotik adalah sel yang memiliki inti sel yang dibungkus oleh membran inti.

Contoh organisme yang tersusun dari sel eukariotik adalah protista, jamur, tumbuhan, dan hewan. Bagian-bagian sel eukariotk akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Sel eukariotik memiliki struktur yang terdiri dari dinding sel, membran plasma, sitoplasma, dan organel-organel sel.

Setiap bagian sel memiliki struktur dan fungsi berbeda-beda, tetapi saling berkaitan dan melakukan proses bersama untuk kehidupan sel itu sendiri.

Baca juga: Fungsi Dinding Sel pada Sel Tumbuhan

Sitoplasma

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran plasma.

Sitoplasma terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin. 

Sitoplasma sangat dinamis dan senantiasa bergerak. Sitoplasma mengandung senyawa organik untuk kehidupan, seperti ion, gas, dan molekul-molekul kecil (garam, asam lemak, asam amino, gula nukleotida, vitamin, protein, dan RNA). 

Larutan tersebut mengakibatkan sitoplasma senantiasa bergerak secara acak, dikenal dengan Gerak Brown, yang dipengaruhi oleh muatan listrik ion-ion (elektroforesis).

Baca juga: Fungsi Vakuola pada Sel Hewan

Fungsi sitoplasma 

Fungsi sitoplasma adalah sebagai tempat penyimpanan bahan kimia sel yang penting bagi metabolisme sel, seperti enzim-enzim, ion-ion, gula, lemak dan protein. 

Pada sel eukariotik, sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma. 

Pada sitoplasma, terdapat sitoskeleton, berbagai organel dan vesikuli, serta sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya.

Sitosol mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula sehingga menjadi tempat banyak reaksi biokimiawi (glikolisis atau pemecahan glukosa, sintesis protein, dan sintesis asam lemak).

Selain itu, sitosol juga merupakan perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com