Kompas.com - 04/08/2022, 09:02 WIB


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan prakiraan musim hujan akan semakin tepat dan akurat ke depannya, termasuk mulai periode tahun 2022-2023.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, prakiraan musim penghujan menjadi lebih akurat dan tepat ini merupakan pengaruh atau manfaat dari zona musim terupdate (ZOM9120).

Zona musim terupdate (ZOM9120) ini merupakan hasil dari kegiatan Pemutakhiran Zona Musim berdasarkan Normal Curah Hujan periode 1991-2020.

Dalam pembukaan Rapat Nasional Prakiraan Musim di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (2/8/2022), Dwikorita menyebutkan bahwa selama ini BMKG berpatokan pada rata-rata klimatologis tahun 1981-2010.

“Pemutakhiran Zona Musim ini adalah untuk membentuk tolok ukur atau referensi yang dapat digunakan secara luas terhadap kondisi iklim terkini di masing-masing wilayah di seluruh Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Kapan Musim Hujan Berakhir? BMKG: Maret dan April Masih Tinggi Hujan

“InsyaAllah, data dan informasi (prakiraan musim hujan) yang dihasilkan BMKG akan semakin lebih handal, lebih tepat, dan lebih akurat,” tambahnya.

Menurut Dwikorita, akurasi data dan informasi yang dikeluarkan BMKG sangat penting karena menjadi rujukan dan pijakan banyak sektor.

Sedikitnya ada 12 sektor yang membutuhkan data dan informasi tersebut.

Di antaranya transportasi, pembangunan infrastruktur, pertanian dan kehutanan, kelautan dan perikanan, tata ruang, kesehatan, pariwisata, pertahanan keamanan, sumber daya air, sumber daya energi dan pertambangan, industri, serta penanggulangan bencana.

"Bapak Presiden Jokowi meminta BMKG harus mampu memberikan layanan yang akurat dan dapat diperoleh dengan cepat dan mudah sehingga jajaran pemerintah pusat dan daerah dapat mengambil rujukan informasi dari BMKG untuk merencanakan kebijakan dan pembangunan," jelasnya.

Baca juga: Kapan Musim Hujan Tiba? Berikut Prakiraan BMKG Soal Datangnya Musim Hujan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.