Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Bisa Jadi Penyebar Covid-19 ke Orangutan, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 09/12/2021, 07:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 tak hanya berpengaruh pada manusia. Kerabat terdekat manusia, kera besar seperti orangutan juga bisa terkena imbasnya. Potensi penularan Covid-19 pada orangutan dari manusia ini dapat terjadi dari wisatawan.

Dan menurut peneliti Oxford Brookes University, infeksi virus tersebut bisa ditularkan melalui manusia saat mereka menjelajah hutan.

Ini berdasarkan studi yang dilakukan peneliti yang memeriksa gambar para wisatawan di Indonesia melalui sosial media Instagram.

Peneliti menyoroti kepatuhan wisatawan yang buruk ketika berkunjung di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara.

Mengutip Phys, Rabu (8/12/2021) peneliti menemukan para wisatawan ini melanggar aturan menjaga jarak 10 meter, berpose untuk selfie, membelai, memeluk atau memberi makan orangutan liar.

Baca juga: Pertama Kali, Orangutan Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

 

Kegiatan ini disebut peneliti berpotensi membuat orangutan terpapar penyakit manusia yang dapat memicu infeksi mematikan. Dengan kata lain, wisatawan bisa jadi penyebar Covid-19 ke orangutan.

"Risiko penularan penyakit zoonosis antara pengunjung dan orangutan sangat mengkhawatirkan. Ada aturan taman nasional tetapi hasil kami menunjukkan wisatawan tak menyadarinya," ungkap Andrea Molyneaux, penulis utama studi.

Ia juga menyebut jika ada sikap apatis dalam komunitas konservasi orangutan yang lebih luas untuk meningkatkan kesadaran akan aturan taman nasional.

"Kami perlu mempromosikan kesadaran akan aturan ini agar pengunjung tahu bahwa mereka tak boleh mendekati atau memberi makan orangutan," kata Molyneaux.

Bukan hanya orangutan terancam tertular Covid-19 dengan adanya pandemi ini, peneliti pun berharap kesadaran masyarakat akan risiko penyakit makin meningkat dan dapat berdampak positif pada perilaku wisatawan atau pengunjung Taman Nasional Gunung Leuser dan lokasi wisata kera besar lainnya.

Baca juga: Pertama Kali, Orangutan Tertangkap Kamera Membunuh dan Memakan Kukang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com