Apakah Aturan Sebelum 5 Detik itu Benar? Sains Punya Jawabannya

Kompas.com - 22/05/2024, 11:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Aturan "sebelum lima detik" sering digunakan saat seseorang menjatuhkan makanan.

Anggapan bahwa makanan yang belum terjatuh lebih dari lima detik masih aman dikonsumsi.

Baca juga: Kata Ilmuwan tentang Aturan Belum 5 Detik Makanan Jatuh

Bagaimana sikap Anda jika makanan jatuh? Apakah anggapan tersebut benar? Sains memiliki jawaban.

Aturan sebelum lima detik

Aturan 5 detik menyatakan bahwa jika Anda segera mengambil makanan yang jatuh ke lantai maka makanan tersebut aman untuk dimakan.

Alasannya adalah jika Anda mengambilnya dengan cepat, tidak akan ada cukup waktu bagi mikroorganisme untuk berpindah dari permukaan yang terkontaminasi ke makanan. Sayangnya, sains tidak mendukung hipotesis ini.

Studi pada jurnal Applied and Environmental Microbiology tahun 2016 telah menemukan bahwa bakteri dapat berpindah secara instan ke makanan.

Kecepatan perpindahan bakteri bergantung pada jenis dan tekstur makanan, karena makanan basah menyerap lebih banyak bakteri lebih cepat dibandingkan makanan kering.

Memang benar, ditemukan bahwa semakin lama suatu makanan berada di permukaan yang terkontaminasi, semakin banyak bakteri yang berpindah.

Namun, aturan 5 detik tidak dapat diabaikan dan lebih aman untuk membuang potongan yang jatuh ke tempat sampah, dikutip dari Healthline.