Kompas.com - 08/12/2021, 17:33 WIB
Ular kobra atau naja Commons WikimediaUlar kobra atau naja

KOMPAS.comHewan naja adalah ular kobra. Ular kobra disebut dengan hewan naja karena di dalam urutan taksonomi termasuk ke dalam genus Naja. Bagaimana karakteristik hewan berbisa ini?

Ular kobra

Ular kobra atau ular sendok adalah semua spesies ular yang memiliki kemampuan memipihkan kepala atau lehernya sehingga tampak seperti sendok. Semua spesies yang tergabung di dalam genus Naja adalah ular berbisa dan bisa menyebabkan kematian.

Ular kobra banyak ditemukan di Afrika Selatan, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Ular ini memiliki taring yang menjadi jalan masuk bisa. Bisa ular kobra bersifat neurotoksin, artinya bisa ular akan menyerang sistem saraf mangsanya dan membuatnya lumpuh.

Bisa ular kobra mematikan karena tidak hanya membuat lumpuh otot-otot pergerakan, namun juga menghambat mangsanya untuk bernapas. Jika korban segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, korban bisa mendapatkan pertolongan dengan disuntikan Serum Anti Bisa Ular (SABU). Jika terlambat ditangani, maka bisa ular kobra bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: Jenis-jenis Ular Kobra di Dunia

Cara menghindari gangguan ular kobra

Ular kobra mungkin ditemukan di pemukiman yang dekat dengan hutan. Ada beberapa penyebab yang bisa mengundang ular kobra mendekati area pemukiman , diantaranya karena ular mencari tempat untuk berlindung atau lebih sejuk, atau bersamaan dengan musim berkembang biak (bertelur).

Ular kobra tidak bisa dihalau dengan menaburkan garam di sekitar rumah seperti kepercayaan yang beredar di masyarakat. Berikut adalah cara menghindari gangguan ular kobra di rumah.

  • Memotong rumput dan semak-semak
  • Jangan biarkan pakan binatang peliharaan tercecer di halaman, karena ini akan menarik perhatian tikus dan mengundang ular kobra
  • Jangan menumpuk kayu
  • Hindari menggunakan batu-batu besar untuk taman karena ini menjadi tempat sempurna untuk ular bersembunyi
  • Semprotkan wewangian dan rajin mengepel lantai dengan pewangi karena ular tidak suka
  • Hindari taman dengan kolam air atau kolam ikan karena ini akan menarik ular datang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.