Kompas.com - 05/03/2021, 18:05 WIB
Ilustrasi orangutan. PIXABAYIlustrasi orangutan.

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya primata non-manusia menerima vaksin Covid-19 ekperimental.

Primata yang terdiri dari sembilan orangutan dan bonobo itu berasal kebun binatang San Diego Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Live Science, Jumat (5/3/2021) pada Februari lalu, empat orangutan dan lima bonono di kebun binatang tersebut telah menerima dua dosis vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi hewan Zoetis.

Baca juga: Tak Cuma Manusia, Orangutan Sumatera Berisiko Tinggi Terinfeksi Corona

"Ini bukanlah sebuah hal yang biasa. Selama karier, saya belum memiliki akses ke vaksin eksperimental sedini ini dan keinginan besar untuk menggunakannya," ungkap Nadine Lamberski, kepala konservasi dan kesehatan satwa liar di Kebun Binatang San Diego.

Kebun binatang San Diego menghubungi Zoetis setelah beberapa gorila dinyatakan positif Covid-19 pada Januari lalu.

Perusahaan farmasi itu pun merespons permintaan tersebut dengan menyediakan vaksin mereka.

Satu gorila sebenarnya juga dijadwalkan untuk vaksin. Namun, karena banyak gorila di sana telah dinyatakan pulih dari Covid-19, mereka menjadi prioritas yang lebih rendah untuk vaksinasi saat ini.

Meski begitu, Zoetis berencana untuk memberikan lebih banyak vaksin ke Kebun Binatang San Diego dan kebun binatang lain, begitu mereka memiliki persediaan vaksin yang lebih banyak.

Baca juga: Winston, Gorila Positif Covid-19 di AS Diobati dengan Antibodi Monoklonal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X