Kompas.com - 27/11/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi orangutan Borneo. Pembukaan lahan disebut menjadi ancaman pada hilangnya habitat hewan darat di planet ini yang diprediksi dapat terjadi pada tahun 2050. SHUTTERSTOCK/SalvacampilloIlustrasi orangutan Borneo. Pembukaan lahan disebut menjadi ancaman pada hilangnya habitat hewan darat di planet ini yang diprediksi dapat terjadi pada tahun 2050.


KOMPAS.com - Selama ini orang berpikir jika orangutan adalah vegetarian. Tetapi ada kalanya mereka diketahui menikmati makanan berupa daging seperti yang terungkap dalam sebuah studi baru. Untuk pertama kalinya, orangutan tertangkap kamera membunuh kukang.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Primates ini melaporkan bagaimana orangutan tertangkap kamera membunuh dan memakan kukang.

Mengutip IFL Science, Jumat (26/11/2021) peneliti berhasil menangkap momen langka tersebut saat melakukan pengamatan pada tahun 2017 di Tuanan Orangutan Research Station di wilayah Kapuas, Kalimantan Tengah.

Para peneliti akrab dengan pola makan hewan-hewan ini setelah melacak perilaku mereka secara berkala dari tahun 2003 hingga 2017.

Selama periode penelitian itu, peneliti menemukan makanan orangutan yang paling umum adalah buah (61 persen), daun muda (14 persen), bunga (8 persen), dan serangga (5 persen).

Namun betapa kagetnya peneliti saat mereka melihat orangutan (Pongo pygmaeus) jantan bernama Molong memakan hewan lain yang sama-sama primata.

Baca juga: Studi Ungkap Setiap Orangutan Punya Jiwa Seni yang Berbeda

Peneliti sebenarnya tak berniat secara khusus mengamati Molong, melainkan spesies orangutan betina bernama Kerry dan anaknya Katambe yang berusia 3 tahun.

Namun untungnya peneliti kemudian memutuskan untuk mencatat perilaku Molong karena itu terbukti menjadi data yang signifikan.

Hal tersebut dimulai ketika Molong melompat keluar dari pepohonan dan mulai berlari di tanah.

Peneliti mengira Molong menjauh dari pejantan karena saat itu terdengar vokalisasi panjang yang datang dari tempat lain.

Akan tetapi peneliti ternyata salah, mereka melihat bahwa Molong sebenarnya mengejar kukang (Nycticebus borneanus).

Orangutan tersebut terus mengejar kukang dengan melompat ke dahan dan kembali ke tanah lagi sampai hewan itu hanya berjarak satu meter.

Baca juga: Pertama Kali, Orangutan Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.