Kompas.com - 26/11/2021, 20:01 WIB
Ilustrasi rebung atau tunas bambu muda. SHUTTERSTOCK/ Linda MjjIlustrasi rebung atau tunas bambu muda.

KOMPAS.com - Indonesia termasuk negara dengan keragaman produk bambu yang tinggi.  Dari 1.439 jenis bambu di dunia, 162 jenis bambu ada di Indonesia. 

Dari semua bambu yang tumbuh di tanah air, terdapat 124 jenis asli Indonesia dan 88 jenis endemis. Jenis bambu tersebut menghasilkan manfaat dan produk yang beragam. 

Manajer program Pertanian Yayasan Kehati, Puji Sumedi Hanggarawai mengatakan, kehidupan masyarakat Indonesia tidak lepas dari fungsi tanaman bambu, bahkan dari sejak lahir sampai meninggal.

Namun, menurut Puji, masih sedikit masyarakat Indonesia termasuk generasi muda yang memiliki pengetahuan tentang bambu, baik dari jenis, manfaat, keunggulan dan perannya dalam menjaga peradaban dan kehidupan manusia.

Baca juga: Video Hewan, Panda Ini Lebih Pilih Ngemil Bambu Dibanding Kawin

"Maka dari itu, diperlukan keterlibatan semua pihak untuk mengedukasi, sekaligus melestarikan tanaman bambu Indonesia,” dalam diskusi daring bertajuk BW in Training: Mengenal Bambu, Mengenal Indonesia, Kamis (26/11/2021).

Bambu dapat dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti untuk bidang seni, konstruksi, peralatan rumah tangga, energi, konsumsi, senjata, dan obat herbal juga telah lama dikenal masyarakat nusantara. 

Bambu untuk makanan dan obat

Memanfaatkan bambu sebagai panganan atau konsumi dan obat-obatan sudah dilakukan masyarakat Indonesia sejak dahulu kala.

Bambu untuk makanan, biasanya diambil dari rebungnya, yaitu rimpang muda yang masih tertutup pelepah dan sebagian ujungnya mencuat ke permukaan. 

Dosen di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udaya sekaligus peneliti bambu, Dr Ir Pande Ketut Diah Kencana, MS mengatakan, rebung biasanya paling banyak didapatkan ketika musim hujan tiba.  

Rebung itu sendiri merupakan rimpang yang berdaging terbal dan lunak, sehingga bisa dimasak. Di masyarakat, rebung biasanya dijadikan sayur lodeh atau bahan isian untuk lumpia. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.