Kompas.com - 26/11/2021, 21:01 WIB
Ilustrasi galaksi Bima Sakti. Galaksi kita adalah salah satu galaksi spiral di alam semesta. Baru-baru ini, struktur baru ditemukan di Galaksi Bima Sakti, dan membuat astronom bingung. SHUTTERSTOCK/Alex MitIlustrasi galaksi Bima Sakti. Galaksi kita adalah salah satu galaksi spiral di alam semesta. Baru-baru ini, struktur baru ditemukan di Galaksi Bima Sakti, dan membuat astronom bingung.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Galaksi yang terkenal dengan sebutan milky way adalah Galaksi Bima Sakti. Ini merupakan tempat yang sangat besar dan menakjubkan.

Berdiameter sekitar 120.000 hingga 180.000 tahun cahaya, Galaksi Bima Sakti adalah rumah bagi Planet Bumi.

Tata surya berada sekitar 27.000 tahun cahaya dari pusat galaksi, di tepi bagian dalam salah satu konsentrasi partikel gas dan debu yang berbentuk spiral.

Fakta-fakta Galaksi Bima Sakti

Dilansir dari Universe Today, berikut adalah 5 fakta Galaksi Bima Sakti yang mengesankan dan menakjubkan.

1. Berbentuk melengkung

Dengan diameter yang sangat besar, Galaksi Bima Sakti memiliki tonjolan pusat yang diameternya mencapai 12.000 tahun cahaya.