Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2020, 11:20 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Indonesia merupakan negara terkaya pertama mengenai keanekaragaman hayati atau biodiversitas secara keseluruhan dari laut dan daratan.

Hal ini merupakan kebanggan sekaligus tanggung jawab besar yang dimiliki oleh seluruh masyarakat nusantara. Salah satunya adalah orangutan Sumatera dan orangutan Kalimantan yang saat ini memasuki populasi terancam kritis atau critically endangered (CR).

Status konservasi terancam kritis itu dikeluarkan oleh Serikat Internasional untuk Pelestarian Alam (IUCN). Orangutan Sumatera telah lebih dulu menyandang status ini.

Status konservasi terancam kritis menurut IUCN adalah kondisi flora atau fauna tersebut menghadapi risiko kepunahan yang sangat tinggi di alam liar.

Baca juga: 5 Alasan Kita Harus Menyelamatkan Orangutan Indonesia dari Populasi Kritis

Pasalnya, selain terancam populasinya kritis, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh manusia jika populasi orangutan di Indonesia ini terselamatkan.

Ada banyak alasan yang seharusnya kita ingat sebagai manusia, mengapa penting sekali menyelamatkan dan menjaga populasi orangutan Sumatera dan orangutan Kalimantan ini.

Di antara alasan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga kesehatan dan kelestarian alam hujan tropis
  2. Spesies payung yang artinya melindungi orangutan sama dengan melindungi spesies satwa lainnya di alam
  3. Regenerasi hutan terbaik
  4. Potensi ekplorasi keilmuwan studi perilaku dari sisi antropologi, biologi, kehutanan, hingga bioteknologi, yang mirip 97 persen dengan manusia

Baca juga: Berstatus Terancam Punah, Begini Kondisi Orangutan Indonesia Saat Ini

Lantas, bagaimana menjaga populasi orangutan yang sudah terancam kritis ini?

Praktisi Konservasi Habitat Satwa Terancam Punah YKAN, M Arif Rifqi menjelaskan penting sekali kita untuk menjaga ekosistem dan keberadaan orangutan agar tidak punah.

"Orangutan adalah spesies payung, jadi melindungi mamalia ini diharapkan dapat melindungi spesies lainnya yang hidup pada habitat yang sama," kata Arif dalam diskusi daring oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) yang bertajuk Conservation Talk: Orangutan dan Kita, Rabu (19/8/2020).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur, Sunandar Trigunajasa menegaskan bahwa melindungi populasi orangutan yang terbaik adalah dengan menjaga habitatnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com