Kompas.com - 26/11/2021, 21:29 WIB
Manfaat pepaya freepikManfaat pepaya

KOMPAS.comPepaya adalah buah tropis yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pepaya memiliki daging yang lembut, manis, dan sangat mudah didapatkan di Indonesia tanpa bergantung musim tertentu.

Kandungan nutrisi pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu memecah ikatan protein pada daging. Oleh karena itu, pepaya dikenal sebagai bahan alami untuk mengempukkan daging. Pepaya mengandung banyak nutrisi. Dalam satu buah pepaya kecil atau sekitar 152 gram, terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori pepaya: 59 kalori
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat 3 gram
  • Protein 1 gram
  • Vitamin C: 157 persen kebutuhan harian
  • Vitamin A 33 persen kebutuhan harian
  • Folat: 14 persen kebutuhan harian
  • Potasium 11 persen kebutuhan harian
  • Kandungan lain, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin B1, B3, B5, E, dan K
  • Antioksidan 

Manfaat pepaya bagi kesehatan

Berikut adalah manfaat pepaya bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem imun

Pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan, antara lain karoteinoid dan zeaxanthin. Selain itu, pepaya mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Ketiga zat tersebut sangat penting dalam meningkatkan imun tubuh.

Baca juga: Manfaat Stevia untuk Tubuh, Bukan Sekadar Pemanis Pengganti Gula

2. Mencegah alzheimer

Manfaat pepaya berikutnya adalah mencegah alzheimer. Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang dipercaya disebabkan oleh proses oksidatif yang menyerang otak dan menurunkan daya ingat. Proses oksidatif adalah proses yang disebabkan kurangnya antioksidan yang melawan radikal bebas dan menyebabkan kerusakan sel.

Pepaya kaya akan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Oleh karena itu, pepaya bermanfaat untuk mencegah alzheimer.

3. Mencegah penyakit jantung

Pepaya kaya akan potasium yang sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah. Mencukupi kebutuhan potasium harian terbukti mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

4. Menyembuhkan luka bakar

Pepaya yang dihancurkan dan dioleskan ke atas luka bakar dipercaya akan membantu luka untuk sembuh lebih cepat. Peneliti menemukan bahwa pepaya mengandung enzim protelitik chymopapain dan papain yang bermanfaat untuk merawat luka terbuka.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bunga Kecombrang

5. Melancarkan saluran pencernaan

Pepaya mengandung enzim yang bisa memecah ikatan protein dan bisa melunakkan daging. Hal ini bermanfaat untuk saluran cerna karena mampu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan.

Itu dia manfaat pepaya untuk kesehatan. Sudahkah Anda makan pepaya hari ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.