Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

Kompas.com - 26/11/2021, 21:29 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comPepaya adalah buah tropis yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pepaya memiliki daging yang lembut, manis, dan sangat mudah didapatkan di Indonesia tanpa bergantung musim tertentu.

Kandungan nutrisi pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu memecah ikatan protein pada daging. Oleh karena itu, pepaya dikenal sebagai bahan alami untuk mengempukkan daging. Pepaya mengandung banyak nutrisi. Dalam satu buah pepaya kecil atau sekitar 152 gram, terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori pepaya: 59 kalori
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat 3 gram
  • Protein 1 gram
  • Vitamin C: 157 persen kebutuhan harian
  • Vitamin A 33 persen kebutuhan harian
  • Folat: 14 persen kebutuhan harian
  • Potasium 11 persen kebutuhan harian
  • Kandungan lain, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin B1, B3, B5, E, dan K
  • Antioksidan 

Manfaat pepaya bagi kesehatan

Berikut adalah manfaat pepaya bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem imun

Pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan, antara lain karoteinoid dan zeaxanthin. Selain itu, pepaya mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Ketiga zat tersebut sangat penting dalam meningkatkan imun tubuh.

Baca juga: Manfaat Stevia untuk Tubuh, Bukan Sekadar Pemanis Pengganti Gula

2. Mencegah alzheimer

Manfaat pepaya berikutnya adalah mencegah alzheimer. Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang dipercaya disebabkan oleh proses oksidatif yang menyerang otak dan menurunkan daya ingat. Proses oksidatif adalah proses yang disebabkan kurangnya antioksidan yang melawan radikal bebas dan menyebabkan kerusakan sel.

Pepaya kaya akan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Oleh karena itu, pepaya bermanfaat untuk mencegah alzheimer.

3. Mencegah penyakit jantung

Pepaya kaya akan potasium yang sangat penting untuk kesehatan pembuluh darah. Mencukupi kebutuhan potasium harian terbukti mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

4. Menyembuhkan luka bakar

Pepaya yang dihancurkan dan dioleskan ke atas luka bakar dipercaya akan membantu luka untuk sembuh lebih cepat. Peneliti menemukan bahwa pepaya mengandung enzim protelitik chymopapain dan papain yang bermanfaat untuk merawat luka terbuka.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bunga Kecombrang

5. Melancarkan saluran pencernaan

Pepaya mengandung enzim yang bisa memecah ikatan protein dan bisa melunakkan daging. Hal ini bermanfaat untuk saluran cerna karena mampu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan.

Itu dia manfaat pepaya untuk kesehatan. Sudahkah Anda makan pepaya hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com