Komponen Penyusun Minyak Bumi, Apa Saja?

26/11/2021, 16:30 WIB

KOMPAS.comMinyak bumi adalah larutan yang sangat kompleks dengan berbagai kandungan. Minyak bumi mentah atau crude oil mengandung berbagai zat kimia berwujud gas, cair dan padat. Minyak bumi terdiri dari molekul yang kompleks karena berasal dari sisa-sisa organisme yang diurai oleh bakteri anaerob.

Komponen penyusun minyak bumi

Komponen penyusun minyak bumi dengan persentase tertinggi adalah hidrokarbon. Unsur karbon sendiri dalam minyak bumi bisa mencapai 82 sampai 87 persen. Komponen berikutnya diikuti dengan hidrogen dengan persentase 11 sampai 15 persen.

Sedangkan kandungan oksigen, nitrogen, dan sulfur dalam jumlah kecil. Ketiga komponen terakhir jarang melebihi masing-masing 1,5 persen. Selain itu, terdapat pula kandungan logam di dalam minyak bumi, namun tidak lebih dari 0,1 persen.

Komponen itu tidak selalu tetap. Oleh karena itu hasil yang disajikan di atas berupa rentang. Ini dikarenakan proses fisik pembentukan minyak bumi yang berbeda-beda. Hasilnya, minyak bumi yang dihasilkan pun berbeda-beda dari segi warna, kepekatan, kekentalan, dan kekuatan baunya.

Dari segi warna, minyak bumi bisa bervariasi dari warna coklat tua, hitam, hijau, merah, dan kuning.

Baca juga: 4 Fakta Bahan Bakar Nabati Bioavtur Buatan Indonesia

Hidrokarbon di dalam minyak bumi

Terdapat empat jenis karbon yang paling umum menyusun hidrokarbon sebagai berikut:

1. Senyawa hidrokarbon alifatik rantai lurus

Senyawa hidrokarbon alilfatik rantai lurus dikenal juga dengan parafin. Senyawa ini ditemukan pada 15 sampai 60 persen minyak bumi mentah.

2. Senyawa hidrokarbon bentuk siklik

Senyawa ini adalah senyawa golongan sikloalkana atau sikloparafin.

3. Senyawa hidrokarbon alifatik rantai bercabang

Senyawa alifatik rantai bercabang dikenal juga dengan senyawa golongan isoalkana atau isoparafin. Senyawa ini lebih sedikit ditemukan di dalam minyak bumi.

4. Senyawa hidrokarbon aromatik

Senyawa ini banyak ditemukan dalam minyak bumi dengan kandungan karbon yang besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.