Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Buah Delima, Buah Segar Kaya Antioksidan

Kompas.com - 09/11/2021, 18:40 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comBuah delima adalah salah satu buah yang paling sehat. Buah delima adalah buah yang bisa dimakan begitu saja, dibuat jus, atau dicampurkan di berbagai makanan, seperti salad, oatmeal, hummus, dan makanan lainnya.

Buah delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan adalah zat yang penting untuk berbagai fungsi tubuh. Fungsi utama antioksidan adalah untuk melawan radikal bebas dan memberi efek antiinflamasi. Dilansir dari WebMD, Berikut adalah berbagai manfaat buah delima bagi kesehatan.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah delima yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa buah delima bermanfaat untuk jantung dengan cara menurunkan tekanan darah. Buah delima mampu menurunkan kolesterol jahat yang biasa menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Mengontrol gula darah

Mengontrol gula darah sangat penting terutama bagi pasien diabetes tipe 2. Konsumsi buah delima mampu meningkatkan resistensi insulin. Selian itu, buah delima bermanfaat untuk orang yang sedang menjaga berat badan.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan di dalam buah delima sangat tinggi. Antioksidan ini akan mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel. Bahkan, beberapa studi menunjukkan buah delima menurunkan risiko terkena kanker prostat, payudara, paru-paru, dan usus.

Selain itu, buah delima juga terbukti menghambat perkembangan sel kanker pada hewan. Namun, apakah pada manusia memiliki efek yang sama, hal ini perlu diteliti lebih jauh.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Meringankan arthritis dan nyeri sendi

Arthritis dan nyeri sendi adalah penyakit inflamasi. Buah delima memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu, buah delima mampu meredakan arthritis dan nyeri sendi. Selain itu, buah delima mengandung ekstrak yang bisa menghalau enzim yang merusak sendi pada orang dengan osteoarthritis.

Mengobati disfungsi ereksi

Buah delima bisa mengatasi disfungsi ereksi dengan cara melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh, terutama di bagian alat kelamin. Sebuah studi meneliti pasien dengan disfungsi ereksi. Hasilnya, buah delima terbukti memberikan perbaikan, walaupun tidak terlalu signifikan.

Itu dia manfaat buah delima untuk kesehatan. Apa Anda akan makan buah delima atau minum jusnya hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com