Kompas.com - 16/04/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi virus corona pada anak ShutterstockIlustrasi virus corona pada anak

KOMPAS.com - Sistem kekebalan manusia bergantung pada pasukan rumit sel T, sel B, makrofag, dan banyak lagi, yang mana semuanya menjaga tubuh kita aman dari serangan patogen.

Tapi itu tidak berarti, semua orang memiliki perangkat pelindung yang sama di dalam darah.

Sel B bertanggung jawab untuk mengingat patogen apa yang pernah ditemukan tubuh kita sebelumnya, sehingga mereka dapat membunyikan alarm, jika mereka menemukannya sekali lagi.

Baca juga: Cara Menjaga Sistem Kekebalan Anak Selama Pandemi Covid-19

Bergantung pada penyakit mana Anda telah terpapar dan bagaimana reseptor sel - yang menyimpan memori ini - bermutasi dan berubah, setiap orang membawa variasi sel kekebalan yang berbeda.

Melansir Science Alert, sebuah tim peneliti telah menemukan bagaimana sel-sel kekebalan ini berbeda tidak hanya di antara individu, tetapi juga bagaimana mereka dapat berubah selama masa hidup seseorang.

Menariknya, mereka menemukan bahwa darah yang diambil dari anak-anak sebelum pandemi memiliki frekuensi sel B yang lebih tinggi yang dapat mengikat SARS-CoV-2, daripada frekuensi sel B pada darah orang dewasa, meskipun mereka tidak pernah terpapar virus baru ini.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Science ini masih dalam tahap awal, tetapi bisa menjelaskan mengapa anak-anak tampaknya jauh lebih baik daripada orang dewasa ketika jatuh sakit, karena Covid-19.

"Anak-anak biasanya memiliki penyakit yang lebih ringan setelah infeksi SARS-CoV-2, dibandingkan orang dewasa, potensi ini karena perbedaan ekspresi reseptor virus dan tanggapan kekebalan," kata tim peneliti dalam makalah mereka.

“Anak-anak yang terinfeksi virus corona, berbeda dengan orang dewasa, menunjukkan titer antibodi yang lebih rendah dan IgG yang lebih spesifik untuk protein lonjakan," lanjutnya penjelasan tersebut.

Baca juga: Anak-anak yang Terinfeksi Covid-19 Gejala Ringan Juga Berisiko Alami Penyakit Peradangan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X