Kompas.com - 16/04/2021, 10:11 WIB
NASA bagikan foto pola biru di kutub Mars. NASA/JPL-Caltech/ASUNASA bagikan foto pola biru di kutub Mars.

KOMPAS.com - Astronom NASA baru saja membagikan pemandangan baru Mars yang penuh warna. Foto ini membuktikan Planet Merah juga tampak hebat dengan warna biru.

Dengan menggunakan kamera infra merah khusus di atas pengorbit Mars Odyssey, yang telah membumbung tinggi di atas Planet Merah sejak 2001, para peneliti mengambil gambar termal kutub utara Mars, yang diwarnai secara digital untuk menyoroti kisaran suhu yang luas di sana.

"Area yang diwarnai dengan warna biru mewakili wilayah yang lebih dingin, sedangkan area yang lebih hangat diwarnai dengan warna kuning dan oranye," menurut pernyataan NASA seperti dilansir Live Science, Selasa (13/4/2021).

Dalam gambar ini - yang menutupi area kutub dengan lebar sekitar 30 kilometer - adalah bukit pasir yang luas berbaris dalam arus keemasan, dihangatkan oleh matahari di satu sisi dan dingin dalam kegelapan di sisi lain.

Baca juga: Kabar Terbaru Helikopter Ingenuity NASA, Selamat dari Ganasnya Suhu Beku Mars

Pemandangan rumit ini hanya sebagian kecil dari seluruh kutub utara Mars, yang mencakup area seluas Texas.

Seperti di Bumi, kutub Mars adalah tempat terdingin di planet merah.

Menurut National Weather Service, suhu di kutub Mars mencapai minus 140 derajat Celcius saat musim dingin.

Kedua kutub Mars ditutupi dengan tutup permanen yang terbuat dari es air, meskipun es karbondioksida (lebih dikenal sebagai es kering) menambah pemandangan dingin di musim dingin.

Retakan di lapisan es kering bertanggung jawab atas pola menyeramkan yang dikenal sebagai "laba-laba di Mars".

Para ilmuwan percaya bahwa ada beberapa danau air cair yang mungkin bersembunyi di bawah kutub selatan Mars.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X