Kompas.com - 16/04/2021, 04:02 WIB
Ilustrasi kurma jenis Medjool. SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKERIlustrasi kurma jenis Medjool.

KOMPAS.com - Secara umum, umat Islam yang menderita maag dan tukak lambung akan memiliki berbagai pertanyaan terkait dengan penyakit dan kewajiban agama di bulan Ramadhan.

Pengalaman beberapa orang mungkin mengatakan bahwa puasa dapat menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan karena peningkatan kadar asam dalam perut kosong selama Ramadhan. Ini yang akhirnya memperburuk gastritis dan tukak lambung.

Lantas, apa yang harus dilakukan penderita maag dan tukak lambung agar puasa Ramadhan berjalan lancar?

Baca juga: Pasien Diabetes Ingin Puasa Ramadhan? Begini Panduan Makannya

Mengenal maag dan tukak lambung

Sebagai informasi, gastritis atau yang biasa disebut maag adalah peradangan pada selaput lambung.

Sementara tukak lambung adalah luka yang muncul di dalam dinding lambung, esophagus bagian bawah atau duodenum (bagian atas usus halus).

Keduanya disebabkan oleh peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H.pylori) dan pengikisan oleh asam lambung.

Penggunaan berlebihan kelompok obat penghilang rasa sakit seperti obat antiinflamasi nonsteroid (ibuprofen, naproxen, dan aspirin), steroid dosis tinggi, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan merokok juga dapat menyebabkan gastritis dan tukak lambung.

Stres emosional tidak lagi dianggap sebagai penyebab maag, tetapi orang yang mengalami stres emosional sering melaporkan peningkatan gejala ulkus yang ada.

Namun, stres fisik, (misalnya, luka bakar parah) berbeda. Stres fisik dapat meningkatkan risiko maag, terutama di perut.

Secara umum, penderita mengalami dispepsia, yaitu perasaan tidak nyaman di bawah tulang rusuk (sampai ke dada) atau mungkin pernah menderita komplikasi seperti nyeri hebat di area tersebut dan muntah darah. Sering juga terjadi refluks asam sehubungan dengan kondisi ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.