Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter NASA Ingenuity akan Terbang di Mars Bulan Depan

Kompas.com - 24/03/2021, 19:27 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com- Eksplorasi manusia di Mars akan kembali menorehkan sejarah baru. Helikopter NASA Ingenuity, untuk pertama kalinya akan terbang di Planet Merah.

Ingenuity dijadwalkan untuk melakukan uji terbang pertama dan dikendalikan dari Bumi pada 8 April mendatang dan akan mengeksplorasi permukaan planet Mars.

Mengutip Gizmodo, Rabu (24/3/2021) saat ini tim NASA tengah menentukan area, di mana helikopter seharga 80 juta dollar AS itu akan diterbangkan di langit Mars.

Badan antariksa nasional Amerika Serikat ini menyebut jika area yang digunakan adalah zona sepanjang 91 meter di sekitar wahana penjelajah Perseverance NASA, yang mendarat di planet Mars bulan lalu.

Baca juga: Helikopter yang Dibawa Perseverance NASA Ini Menelepon Bumi dari Mars

 

Ingenuity sendiri diberangkatkan untuk misi ke Mars bersama dengan wahana penjelajah Perseverance.

Jadi selain peralatan penelitian, Perseverance juga membawa proyek sampingan khusus, yaitu helikopter NASA Ingenuity yang akan diterbangkan di langit planet Mars.

"Wahana penjelajah Perseverance membawa serta rangkaian instrumen sains paling canggih yang pernah kami kirim ke Mars," kata Lori Glaze, direktur Divisi Ilmu Planet NASA.

Baca juga: Juli 2020, Helikopter Pertama NASA untuk Jelajahi Mars Siap Diluncurkan

 

Helikopter yang dilengkapi dengan dua rotor 2400 rpm, baterai litium bertenaga surya, serta empat kaki komposit karbon itu dilekatkan di bagian wahana penjelajah Perseverance ibarat bayi kelelawar yang menempel pada induknya.

Namun hingga kini helikopter Ingenuity belum terpisah dari Perseverance. Akan tetapi setelah terpisah, helikopter akan lepas landas dan melayang.

Jika beruntung, helikopter akan mengudara beberapa kali dan rencananya tiap terbang akan berlangsung selama 20 hingga 30 detik.

Setelah Ingenuity terpisah dari Perseverance, wahana penjelajah dalam misi eksplorasi planet Mars itu akan bergegas keluar dari area tersebut untuk memastikan helikopter NASA itu tak tertutup sebelum malam.

Baca juga: Perseverance NASA Lakukan Perjalanan Pertama Jelajahi Permukaan Mars

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com