Kompas.com - 07/03/2021, 16:02 WIB
Gambar permukaan planet Mars diambil dari robot penjelajah Perserverance NASA. Robot Perseverance lakukan penjelajahan pertama di permukaan planet merah. TWITTER/@NASAPersevereGambar permukaan planet Mars diambil dari robot penjelajah Perserverance NASA. Robot Perseverance lakukan penjelajahan pertama di permukaan planet merah.


KOMPAS.com- Dua minggu setelah pendaratan yang sempurna, robot penjelajah badan antariksa nasional Amerika (NASA), Perseverance, memulai perjalanan pertamanya jelajahi permukaan planet Mars.

Perjalanan singkat dari laboratorium robot sains di dekat kawah besar planet merah ini, dilakukan dengan baik robot Perseverance NASA, kata manajer misi ini.

Dilansir dari ABC, Minggu (7/3/2021), probe astrobiologi beroda enam seukuran mobil ini menempatkan 6,5 meter pada odometernya selama setengah jam uji coba di Kawah Jazero.

Kawah Jazero adalah situs delta sungai dan danau kuno yang telah lama menghilang di planet Mars.

Baca juga: Helikopter yang Dibawa Perseverance NASA Ini Menelepon Bumi dari Mars

 

Mengikuti arahan manajer misi Mars di Jet Propulsion Laboratpry (JPL) NASA dekat Los Angeles, Amerika Serikat, robot penjelajah itu berguling 4 meter ke depan, berbelok sekitar 150 derajat ke kiri dan kemudian melaju mundur sejauh 2,5 meter lagi.

"Ini (uji coba Perseverance rover) berjalan sangat baik," kata Anais Zarifian, insinyur uji mobilitas JPL NASA untuk Perseverance.

Baca juga: Foto Mars Diambil Robot Perseverance NASA, Begini Wajah Planet Merah

 

NASA menampilkan juga foto yang diambil oleh robot penjelajah yang menunjukkan jejak roda yang tertinggal di tanah Mars setelah perjalanan pertamanya.

Gambar lain juga menunjukkan dengan jelas dari lanskap sekitar permukaan Mars yang menunjukkan medan kasar dan tanah kemerahan yang dipenuhi batu-batu besar dan gelap.

Tampak juga permukaan endapan berlapis di kejauhan, menandai tepi delta sungai kuno Mars.

Uji coba lain juga dilakukan para ahli untuk mengetahui seberapa baik kemampuan mengemudi rover Perseverance NASA tersebut menjelajahi permukaan Mars yang ekstrem.

Baca juga: Robot Perseverance NASA Sukses Mendarat di Mars, Cari Bukti Kehidupan

Halaman:


Sumber ABC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X