Kompas.com - 24/03/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi makanan shutterstockIlustrasi makanan

KOMPAS.com - Proses menurunkan berat badan tak mungkin terjadi dalam waktu singkat, meski Anda telah ‘menyiksa diri’ menahan lapar dan menghindari jenis makanan tertentu.

Padahal sebenarnya, ada cara yang sangat mudah untuk dilakukan dan sangat efektif menurunkan berat badan, yaitu praktik mindfulness.

Menurut ahli diet terdaftar, Mackenzie Burgess, RDN, hanya dibutuhkan waktu 30 detik untuk melakukannya.

“Praktik mindfulness membantu menurunkan berat badan dan bahkan mempertahankannya, jika Anda melakukannya secara konsisten,” jelas Burgess.

Baca juga: Karbohidrat Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan, asalkan…

Periksa diri Anda, benarkah merasa lapar?

Setiap beberapa jam sepanjang hari, Burgess menyarankan untuk meluangkan waktu 30 detik untuk memeriksa rasa lapar dan kenyang Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya memberitahu klien saya untuk memikirkan rasa lapar dan rasa kenyang dalam skala 1 sampai 10 dengan 1 sangat kelaparan dan 10 sangat kenyang,” katanya.

Yang terbaik adalah tetap berada di tengah skala ini. Sehingga, dapat membantu Anda menghindari asupan kalori berlebih dan waktu yang terlalu lama tanpa makanan.

Misalnya, jika Anda merasa kenyang setiap kali makan, ini mungkin pertanda Anda makan melebihi kebutuhan energi Anda.

Di sisi lain, mengabaikan rasa lapar terlalu lama dapat menyebabkan kelaparan dan makan berlebihan, yang selanjutnya akan menyebabkan penambahan berat badan dalam jangka panjang.

Sebaliknya, meluangkan beberapa detik setiap hari untuk memeriksa kondisi tubuh Anda dapat membantu Anda tetap bersemangat dan mencegah berat badan ekstra yang tidak diinginkan.

Senada dengan Burgees, Mary Wirtz, MS, RDN, CSSD, ahli gizi terdaftar menyarankan untuk menggunakan teknik ‘halting’, di mana Anda berhenti sejenak sebelum makan.

"Saya mendorong klien untuk berhenti selama 15 hingga 30 detik sebelum menyantap camilan atau makan besar,” kata Wirtz.

“Ini mungkin tampak seperti perubahan kecil, tapi dapat berdampak besar pada kesehatan," imbuhnya.

Berhenti sejenak untuk hadir pada saat ini dan menilai diri sendiri, apakah Anda benar-benar lapar secara fisik atau apakah rasa lapar Anda disebabkan karena kelelahan?

Wirtz mengatakan, alasan teknik mindfulness ini berhasil menurunkan berat badan adalah karena seringkali kita tanpa sadar makan di saat tidak lapar, melainkan saat kita terlalu stres, lelah, atau kesepian.

“Jadi, alih-alih makan karena kita lapar atau membuat keputusan cerdas tentang makanan apa yang akan dimakan, (makan tanpa berpikir) sering kali memicu makan berlebihan yang kurang sehat, seperti camilan-camilan berkalori tinggi," jelas konsultan gizi ini.

Baca juga: Berapa Penurunan Berat Badan yang Ideal dalam Sebulan?

Halaman:


Sumber eatthis
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.