Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak yang Terinfeksi Covid-19 Gejala Ringan Juga Berisiko Alami Penyakit Peradangan

Kompas.com - 07/04/2021, 17:01 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa penelitian sebelumnya mengungkap, kebanyakan anak-anak yang terinfeksi Covid-19 tidak jatuh sakit separah orang dewasa. Umumnya, mereka mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala.

Namun tampaknya, kita tetap tak boleh lengah.

Pasalnya penelitian baru di AS menunjukkan, sebagian besar anak-anak dengan penyakit peradangan serius akibat virus corona, memiliki gejala ringan atau bahkan tanpa gejala saat awal terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Cara Menjaga Sistem Kekebalan Anak Selama Pandemi Covid-19

Melansir Medical Xpress, kondisi pasca-infeksi Covid-19 yang tidak biasa dan lebih parah cenderung terjadi pada anak-anak dengan gejala ringan, meskipun lebih dari setengah anak-anak yang terinfeksi menerima perawatan intensif di rumah sakit.

Demikian menurut hasil analisis yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan telah diterbitkan Selasa (6/4/2021) di JAMA Pediatrics.

Studi ini merupakan analisis terbesar yang dilakukan, terkait kasus sindrom peradangan multisistem pada anak-anak di AS, dan memperkuat bukti bahwa itu adalah respons imun yang tertunda terhadap Covid-19.

Studi tersebut mencakup hampir 1.800 kasus yang dilaporkan ke CDC dari Maret 2020 hingga pertengahan Januari 2021.

Sebagian besar kasus terjadi pada anak-anak di bawah 15 tahun, tetapi penelitian tersebut mencakup hingga usia 20 tahun.

Menurut para peneliti, peningkatan dalam kasus sindrom inflamasi multisistem atau penyakit peradangan telah terjadi dua hingga lima minggu setelah puncak Covid-19 dan telah mengikuti penyebaran infeksi awal dari perkotaan ke daerah pedesaan.

Data CDC yang lebih baru menunjukkan, ada puncak lain yang muncul dalam kondisi pediatrik yang konsisten dengan tren itu.

Kasus yang dilaporkan negara hingga 29 Maret berjumlah 3.185 dan termasuk 36 kematian.

Masalahnya, laporan negara tidak selalu tepat waktu, sehingga tidak pasti berapa banyak anak-anak AS yang mengidap penyakit peradangan tersebut sejak penelitian berakhir.

Menurut data yang dikumpulkan oleh American Academy of Pediatrics dan Children's Hospital Association, hampir 3,5 juta anak dan remaja A.S. dinyatakan positif Covid-19.

Kebanyakan anak yang menderita Covid-19 memang tidak mengembangkan penyakit pasca terinfeksi Covid-19.

Tetapi, kondisi ini pertama kali dilaporkan di Eropa pada akhir musim dingin dan musim semi tahun lalu.

Baca juga: Anak Terinfeksi Covid-19, Benarkah Gejalanya Ringan dan Lebih Cepat Sembuh?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com