Kompas.com - 07/04/2021, 08:03 WIB
Lengan robotik dari wahana antariksa InSight NASA. Menyelidiki aktivitas gempa Mars atau seismik di planet Mars, NASA tanam kabel seismometer, pendeteksi gempa di planet merah. Dua gempa kuat tercatat Maret lalu mengguncang Mars. NASA/JPL-Caltech via SCIENCE ALERTLengan robotik dari wahana antariksa InSight NASA. Menyelidiki aktivitas gempa Mars atau seismik di planet Mars, NASA tanam kabel seismometer, pendeteksi gempa di planet merah. Dua gempa kuat tercatat Maret lalu mengguncang Mars.

KOMPAS.com- Wahana luar angkasa, robot InSight, milik badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA) merasakan guncangan gempa kuat, Marsquakes, yang terdeteksi pada Maret lalu.

Gempa tersebut berasal dari daerah dekat ekuator Mars yang dikenal sebagai Cerberus Fossae.

Dikutip dari Science Alert, Rabu (7/4/2021), gempa di Mars ini tercatat berkekuatan M 3,1 hingga M3,3 pada 7 Maret dan 18 Maret lalu.

Gempa Mars memperkuat Cerberus Fossae sebagai salah satu wilayah di planet merah dengan aktivitas geologis paling aktif.

Marsquake yang sama kuatnya juga tercatat pernah mengguncang wilayah yang sama pada tahun 2019.

Cerberus Fossae adalah wilayah di Planet Merah yang memiliki banyak celah-celah besar yang hampir semuanya saling terhubung atau pararel. Di mana serangkaian celah ini terbentuk ketika kerak planet ditarik terbuka oleh peristiwa vulkanik yang dramatis.