Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moderna Mulai Uji Vaksin Covid-19 pada Bayi dan Anak-anak

Kompas.com - 22/03/2021, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan bioteknologi Moderna mengumumkan, bahwa mereka telah mulai melakukan uji vaksin Covid-19 Moderna pada bayi dan anak-anak.

Dalam penelitian ini, Moderna bekerja sama dengan National Institutes of Health dan Biomedical Advanced Research and Development Authority.

Uji klinis, yang disebut studi KidCOVE ini akan melibatkan sekitar 6.750 anak di AS dan Kanada yang berusia antara 6 bulan hingga 12 tahun.

Baca juga: Vaksin Moderna 100 Persen Efektif Cegah Covid-19 Parah

Uji coba dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama, dosis vaksin yang berbeda sedang diuji pada anak-anak berusia antara 6 bulan hingga 1 tahun.

Mereka akan menerima dua dosis vaksin yang berjarak sekitar 28 hari pada tingkat dosis 25 atau 50 atau 100 mikrogram.

Sementara anak-anak berusia antara 2 hingga 11 tahun akan menerima dua dosis vaksin yang berjarak sekitar 28 hari pada tingkat 50 atau 100 mikrogram.

Temuan bagian satu akan digunakan untuk menentukan dosis mana yang akan digunakan di bagian kedua.

Untuk bagian kedua, uji coba akan diperluas untuk mencakup anak-anak yang diberi plasebo garam, yang tidak mendapatkan apa-apa. Anak-anak tersebut akan diikuti selama 12 bulan setelah suntikan kedua.

Tes ini bertujuan untuk melihat apakah vaksin Covid-19 melindungi anak-anak dari sakit, jika mereka bersentuhan dengan virus corona.

"Kami sangat senang memulai studi Tahap 2/3 terkait mRNA-1273 pada anak-anak sehat di AS dan Kanada," kata CEO Moderna Stéphane Bancel dalam siaran pers, seperti dilansir CNN.

"Studi pediatrik ini akan membantu kami menilai potensi keamanan dan imunogenisitas kandidat vaksin Covid-19 kami dalam populasi usia muda yang sangat penting."

Baca juga: Vaksin Moderna Generasi Baru Mulai Diuji untuk Cegah Varian Virus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com