Kompas.com - 21/03/2021, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Hari ini, Minggu (21/3/2021), sebuah asteroid yang diameternya setara dengan tinggi tiga kali Menara Eiffel akan melintas lewat dekat Bumi.

Asteroid itu bernama 2001 FO32 atau dikenal juga dengan sebagai Asteroid 231937.

Berikut beberapa fakta yang dikatehui mengenai Asteroid 2001 FO32 yang dirangkum Kompas.com.

Baca juga: Asteroid Ini Akan Melintasi Bumi 21 Maret, Tingginya 3 Kali Menara Eiffel

1. Ditemukan 20 tahun lalu

Asteroid 2001 FO32 adalah asteroid yang ditemukan oleh Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) di Socorro, negara bagian New Mexico, Amerika Serikat.

Asteroid ini ditemukan sekitar 20 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 23 Maret 2001.

Sebagai informasi, LINEAR merupakan proyek kerjasama Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), NASA, Laboratorium  Lincoln  Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Disebutkan bahwa pertama kali asteroid ini teramati di dekat konstelasi Hydra dengan kecerlangan tampak +15,6.

2. Tergolong asteroid berpotensi berbahaya

Peneliti dari Pusat Penelitian Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Andi Pangerang dalam keterangan tertulisnya di laman edukasi sains lapan menyatakan bahwa asteroid ini tergolong sebagai asteroid berpotensi berbahaya (Potentially Hazardous Asteroid, PHA).

Asteroid 2001 FO32 disebut berpotensi berbahaya karena kecerlangan mutlaknya lebih kecil dari +22, yakni +17,7. Sehingga, asteroid ini awalnya diperkirakan berukuran antara 440 hingga 680 meter.

Sedangkan, asteroid ini juga tergolong sebagai keluarga Apollo karena orbitnya mirip dengan asteroid 1862 Apollo yakni jarak rata-ratanya ke Matahari lebih besar dari 1 sa (satuan astronomi, 149,6 juta kilometer).