Kompas.com - 30/07/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi hidroponik. PIXABAY/IAMARERIIlustrasi hidroponik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang berbelanja di supermarket, ada pilihan sayuran hidroponik yang biasanya memiliki harga lebih mahal daripada sayuran biasanya.

Hal tersebut karena sayuran yang ditanam dengan cara hidroponik diklaim lebih sehat daripada sayuran yang ditanam seperti biasa.

Melansir dari Livestrong, Jumat (30/7/2021), ada beberapa alasan sayuran hidroponik lebih sehat. 

Baca juga: Kenapa Daun Tanaman Hidroponik Keriting? Ini Penyebab dan Solusinya 

Ditanam dalam larutan cair 

Sayuran hidroponik ditanam tersuspensi dalam larutan cair yang mengandung mineral, yang dibutuhkan tanaman untuk berkembang.

Dalam kebanyakan kasus, pertanian hidroponik tertutup di dalam rumah kaca, tetapi sistem hidroponik juga dapat diatur di luar ruangan. Air yang digunakan dalam pertanian hidroponik dapat didaur ulang melalui sistem. 

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Selasih dari Biji dengan Media Hidroponik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena tidak ada paparan di luar ruangan, sayuran hidroponik mungkin tidak memerlukan tingkat pestisida yang sama untuk melindungi tanaman dari serangga atau patogen.

Beberapa petani hidroponik tidak menggunakan pestisida, tetapi memakai metode pertanian organik, yang memungkinkan mereka memenuhi standar yang disyaratkan untuk diberi label sebagai produk organik. 

Baca juga: Penting untuk Pemula, Kenali 5 Pilihan Media Tanam Hidroponik

Nutrisi 

Secara umum, nilai gizi sayuran yang ditanam secara hidroponik hampir sama dengan tanaman yang ditanam secara konvensional.

Kemampuan untuk secara tepat mengontrol kadar mineral di dalam air saat menggunakan hidroponik membuat petani mampu mempertahankan tingkat mineral yang konsisten di dalam tanaman.

Tidak seperti petani sayuran yang ditanam di tanah yang mungkin harus banyak memupuk untuk memberikan kualitas tanah yang baik. 

Baca juga: Penting untuk Pemula, Kenali 5 Pilihan Media Tanam Hidroponik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Livestrong
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.