Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2024, 13:00 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden tidak hanya berfungsi sebagai penutup jendela,  tetapi privasi rumah dari dunia luar serta menambah sentuhan estetika pada ruangan.

Gorden juga berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke ruangan dan menciptakan suasana yang diinginkan di dalam rumah.

Sayangnya, gorden bisa mengumpulkan banyak debu, kotoran, dan sehingga perlu membersihkan gorden secara rutin. Bahkan gorden yang kotor dapat menyebabkan masalah alergi dan mengotori rumah. 

Baca juga: Catat, Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tirai Kamar Mandi

Seberapa sering harus membersihkan gorden?

Ilustrasi gorden warna coklat muda. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi gorden warna coklat muda.
Untuk mengetahui kapan harus membersihkan gorden adalah memeriksa label produsennya yang biasanya mencantumkan kode pencucian dan petunjuknya.

Selain itu, membersihkan gorden bergantung pada gaya hidup Anda, tapi sebaiknya lakukan sekitar sekali dalam setahun (atau segera setelah terjadi kerusakan parah akibat air, jamur, api, atau asap).

Lexi Schultz, pemilik dan desainer utama The Great Curtain Company--perusahaan tirai yang berbasis di Austin, Texas, Amerika Serikat--menjelaskan gorden memerlukan perawatan lebih sering, terutama jika ada penghuni rumah yang memiliki alergi.

Namun, jika tidak mengumpulkan banyak debu, tidak perlu membersihkan gorden terlalu sering.

Selain itu, seberapa sering harus membersihkan gorden, tergantung pada gaya hidup dan siapa yang tinggal di dalamnya.

Jika rumah memiliki anak-anak, hewan peliharaan atau berada di ruangan yang sering dilalui, membersihkan gorden  perlu dilakukan lebih sering daripada biasanya.

Dikutip dari Southern Living, Minggu, (28/4/2024), berikut cara mencuci gorden yang benar. 

Baca juga: 6 Ide Tirai Ruang Tamu yang Cantik dan Menarik

Cara mencuci gorden yang benar

Tahapan awal mencuci gorden adalah mengenali jenis perawatan yang dibutuhkan. Apakah itu gorden atau tirai—kata-kata ini sering digunakan bergantian, tapi merupakan jenis yang berbeda.

Menurut Brian Adams, ahli pakaian dan kain di Renewal Claim Solutions--spesialis pembersihan dan restorasi barang rumah tangga di Texas--tirai umumnya hanya menutupi jendela dan digantung tidak lebih dari beberapa sentimeter di bawah ambang jendela.

Tirai biasanya terbuat dari bahan yang cukup ringan, seperti katun atau campuran katun dan poliester, serta biasanya diberi label bisa dicuci dengan mesin cuci. 

Sementara itu, gorden terbuat dari kain yang lebih tebal, sering kali diberi lapisan tambahan, dan sering digantung dari bagian atas jendela hingga ke lantai. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tirai Kain, Bisa Pakai Soda Kue

Ilustrasi gorden di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi gorden di ruang tamu.
Untuk mencuci gorden di rumah, disarankan menggunakan siklus cuci lembut pada mesin cuci. Gunakan air dingin dan proses bilas untuk gorden berwarna gelap, sedangkan gorden berwarna terang, gunakan air dingin atau suhu rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com