Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pohon Berbunga Cantik yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Kompas.com - 11/05/2024, 09:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon berbunga cantik bisa ditanam di halaman rumah untuk menambah semburat warna dan tekstur di pekarangan rumah. Pohon berbunga bisa berupa tanaman besar atau kecil.

Beberapa jenis pohon berbunga memiliki bunga berwarna merah jambu, ungu, putih, dan kuning yang cerah. Selain memiliki bunga berwarna cerah, tajuk tanaman rimbun juga membuat halaman rumah lebih segar dan asri.

Baca juga: 5 Jenis Pohon Bonsai yang Mudah Tumbuh dan Cocok untuk Pemula

Jenis pohon berbunga yang dapat ditanam di halaman rumah sangat beragam. Dikutip dari The Spruce, Sabtu (11/5/2024), berikut penjelasan selengkapnya.

Pohon magnolia bintang

Ilustrasi bunga magnolia.PIXABAY/FELIXMITTERMEIER Ilustrasi bunga magnolia.

Pohon magnolia bintang atau Magnolia stellata merupakan salah satu pohon berbunga yang bisa ditanam di halaman rumah. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang biasanya muncul pada bulan Maret dan April.

Tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh hingga sebagian ternaungi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Magnolia bintang sebenarnya tergolong sebagai tanaman semak yang tumbuh tinggi,namun dengan pemangkasan rutin membuat tanaman ini terlihat seperti pohon.

Baca juga: Mengenal Jenis Bunga Magnolia dan Cara Menanamnya

Pohon hawthorn

Selanjutnya, pohon hawthorn atau Carataegus spp. juga termasuk pohon berbunga cantik yang bisa ditanam di halaman rumah. Pohon berbunga ini biasanya mekar di awal musim kemarau. 

Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah jambu putih, atau merah. Pohon hawthorn memerlukan sinar matahari penuh dengan kondisi tanah lembap dan berdrainase baik untuk tumbuh dengan maksimal. 

Pohon almond berbunga

Pohon almond berbunga atau Prunus triloba ‘Multiplex’ merupakan pohon kecil atau semak yang memiliki bunga cantik.

Pohon ini memiliki bunga berwarna merah muda yang tahan dengan cuaca dingin. Bunga pada pohon ini membuat halaman rumah terlihat estetik.

Namun, untuk memastikan pohon ini berbunga dengan subur, pastikan pohon mendapatkan penyinaran matahari penuh dengan kondisi tanah lembap dan berdrainase baik.

Baca juga: 4 Cara Merawat Pohon Uang agar Tumbuh Subur dan Sehat

Stewartia Jepang

ilustrasi Stewartia JepangShutterstock/Peter Turner Photography ilustrasi Stewartia Jepang

Pohon berbunga cantik lainnya yang bisa ditanam di halaman rumah yaitu Stewartia Jepang. Pohon ini memiliki bunga kecil berbentuk cangkir.

Warna bunganya putih dan oranye yang membuat halaman rumah terlihat estetik. Sama seperti pohon sebelumnya, Stewartia Jepang juga membutuhkan tanah yang lembap dengan drainase baik. 

Selain itu, pohon ini juga membutuhkan sinar matahari penuh hingga teduh parsial agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Baca juga: 7 Tips Merawat Pohon Palem di Dalam Ruangan

Pohon tulip

Pohon tulip atau Liriodendron tulipifera juga bisa ditanam di halaman rumah. Saat mekar, bunga dari pohon ini sebenarnya tidak terlalu mencolok, namun tampilannya tetap cantik dan menarik. 

Bunga dari pohon tulip memiliki warna kuning, hijau, atau oranye. Untuk membuat pohon tulip dengan baik, perlu sinar matahari penuh dan tanah lembap yang drainasenya baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com