Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2024, 15:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Food processor merupakan peralatan elektronik yang tampilannya menyerupai blender. Akan tetapi food processor dan blender ternyata dua alat yang berbeda. 

Dibandingkan dengan blender, food processor diketahui lebih multifungsi. Sebab, alat ini dilengkapi dengan pisau berbentuk S yang berfungsi untuk menghaluskan, memotong, mencacah, dan menguleni bahan makanan. 

Baca juga: Food Processor Vs Blender, Mana yang Harus Dibeli?

Beberapa jenis food processor juga seringkali dilengkapi dengan fitur pengocok yang membuat alat ini bisa digunakan untuk mengocok dan mengaduk makanan dengan mudah. 

Beragam fungsi yang dihadirkan oleh alat ini, membuat banyak orang ingin memilikinya. Namun, sebelum membeli food processor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Sabtu (11/5/2024), berikut ini beberapa tips memilih food processor terbaik. 

Sesuaikan dengan desain interior dapur

ilustrasi food processor ilustrasi food processor

Food processor bukan peralatan yang tampilannya paling cantik, namun sebaiknya tetap sesuaikan model food processor dengan desain interior dapur. 

Dengan demikian, tampilan dapur akan terlihat estetik dan menarik, tanpa mengurangi fungsi dari alat tersebut. 

Baca juga: Perbedaan Blender dan Food Processor, Apa Saja?

Pertimbangkan ukuran dan kapasitasnya

Ukuran dan kapasitas food processor sangat beragam, maka dari itu sesuaikan ukuran dan kapasitas food processor dengan kebutuhan. 

Jika food processor akan digunakan untuk mengolah makanan dalam jumlah besar, maka sebaiknya pilih yang ukuran dan kapasitasnya besar. 

Begitupun sebaliknya, jika food processor jarang digunakan atau hanya digunakan untuk mengolah makanan dalam jumlah sedikit, maka sebaiknya pilih food processor yang ukuran kecil.

Pertimbangkan juga ruang penyimpanannya. Sebab, semakin besar ukurannya, semakin besar juga ruang penyimpanan yang harus disiapkan. Maka dari itu, jika dapur berukuran kecil, sebaiknya pilih food processor berukuran kecil. 

Baca juga: Mau Beli Food Processor? Pertimbangkan Hal-hal Ini Dulu

Perhatikan fungsi dan fiturnya

Selanjutnya, tips memilih food processor terbaik yaitu memperhatikan fungsi dan fitur alat tersebut. Semua jenis food processor hadir dengan pisau yang berguna untuk memotong, mencampur, dan memblender makanan. 

Namun, terkadang ada food processor yang juga dilengkapi dengan pisau untuk mengiris dan memarut bahan makanan. Semakin lengkap fitur yang tersedia, maka alat akan semakin multifungsi. 

Jadi, sebelum membeli food processor, pastikan untuk memperhatikan fitur yang disediakan alat tersebut.

Baca juga: Blender atau Food Processor yang Paling Baik?

Pertimbangkan harga dan garansinya

ilustrasi food processorShutterstock/Olya Detry ilustrasi food processor

Harga food processor di pasaran sangatlah beragam. Harga tersebut biasanya dipengaruhi oleh fitur, ukuran, dan keunggulan lain yang ditawarkan. 

Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin mahal harganya. Belilah food processor sesuai kemampuan. 

Selain itu, pertimbangkan juga garansi yang diberikan. Sebaiknya, pilih food processor yang menawarkan garansi dalam jangka waktu lama agar saat ada kerusakan bisa diperbaiki atau bahkan diganti tanpa mengeluarkan uang lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com