Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2024, 17:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim kemarau telah tiba. Beberapa daerah di Indonesia mengalami suhu tinggi di siang hari. 

Suhu tinggi membuat suasana kurang nyaman. Tak hanya di luar rumah, suhu tinggi juga bisa dirasakan hingga ke dalam rumah. Akibatnya, aktivitas sehari-hari menjadi kurang nyaman. 

Beberapa ruangan di dalam rumah membutuhkan perhatian khusus agar tidak terlalu panas. Salah satu ruangan yang membutuhkan perhatian khusus yaitu ruang tamu

Baca juga: 6 Cara Menjaga Rumah Tetap Sejuk dan Nyaman Saat Cuaca Panas

Ilustrasi gorden di ruang tamuSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi gorden di ruang tamu

Sebab, ruang tamu digunakan untuk berbagai aktivitas, sehingga kenyamanan di ruangan ini harus dijaga meski cuaca sedang panas. 

Untuk membuat ruang tamu terasa lebih dingin sebenarnya tidak sulit. Bahkan tanpa AC pun ruangan ini bisa dibuat lebih dingin. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Minggu (19/5/2024), berikut cara mendinginkan ruang tamu tanpa AC. 

Gunakan tirai di jendela

Brad Smith, CEO dan kepala desainer interior di Omni Home Ideas, mengatakan tirai atau gorden sangat efektif untuk menghalangi sinar matahari dan mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk lewat jendela. 

Baca juga: Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin

Disarankan untuk menggunakan tirai berwarna terang karena bisa memantulkan panas. Selain mengurangi panas, tirai juga bisa membuat ruang tamu terlebih cantik, sehingga penting untuk memperhatikan model dan warna tirai agar terlihat serasi dengan ornamen dekorasi lain. 

Manfaatkan tanaman di dalam ruangan

Selanjutnya, cara mendinginkan ruang tamu tanpa AC yaitu dengan memanfaatkan tanaman hias di dalam ruangan. 

Elizabeth Grace, seorang desainer interior, mengatakan beberapa spesies tanaman, seperti tanaman ular, lidah buaya, dan bunga lili bisa membantu membersihkan udara di dalam ruangan dan melepaskan kelembapan lewat proses transpirasi, sehingga bisa mendinginkan udara di sekitarnya. 

Baca juga: 5 Tips Menata Tanaman Hias di Ruang Tamu

Ilustrasi kipas angin di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kipas angin di dalam ruangan.

Membuat pendingin ruangan sendiri

Jika tidak memiliki AC di rumah, maka bisa membuat pendingin udara sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti panci, es batu, dan kipas angin. 

Isi panci dengan es batu. Lalu, letakkan panci berisi es di depan kulkas. Nyalakan kipas angin, sehingga kipas dapat meniupkan udara ke atas batu es dan menciptakan udara sejuk di dalam ruangan. 

Nah, itulah beberapa cara mendinginkan ruang tamu tanpa AC. Selain membuat ruangan lebih dingin, cara di atas juga bisa menghemat biaya karena tidak menggunakan banyak energi listrik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com