Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menjaga Rumah Tetap Sejuk dan Nyaman Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 18/04/2024, 08:00 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas sering kali membawa rasa tak nyaman, bahkan mudah tersulut amarah, terutama di dalam rumah.

Suhu yang meningkat membuat rumah terasa panas, sulit melakukan aktivitas rumah, bahkan enggan berlama-lama di dalam hunian. 

Baca juga: Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin

Biasanya, untuk mendinginkan ruang, air conditioning (AC) dan kipas angin sering menjadi peralatan yang diandalkan. 

Namun, terkadang penggunaan AC tidak efektif melawan cuaca panas ektrem yang terjadi belakangan ini, ditambah penggunaan terus-menerus bisa meningkatkan tagihan listrik. 

Begitu pun, menggunakan kipas angin lebih tidak efektif dibanding AC. Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendinginkan ruangan serta menciptakan suasana nyaman di rumah saat cuaca panas

Dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (18/4/2024), berikut sejumlah cara menjaga rumah tetap sejuk dan nyaman saat cuaca panas

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kamar Tidur Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

Menciptakan aliran udara

Ilustrasi jendela vinyl.SHUTTERSTOCK/VITALIY HRABAR Ilustrasi jendela vinyl.
Jika Anda tinggal di rumah dua lantai, bisa mencoba menciptakan pola aliran udara yang membantu mengurangi hawa panas di dalam rumah.

Caranya, membuka jendela yang berada di sisi rumah yang anginnya datang dari bawah (biasanya sisi yang lebih teduh atau berangin), lalu saat bersamaan membuka jendela di sisi rumah yang berlawanan pada posisi lebih tinggi.

Dengan melakukan ini, udara panas yang ada di dalam rumah akan cenderung naik dan keluar melalui jendela lebih tinggi, sementara udara sejuk dari luar akan masuk melalui jendela lebih rendah.

Cara ini juga menciptakan aliran udara yang alami dan membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap nyaman, terutama di lantai atas yang biasanya lebih panas. 

Baca juga: Hindari, Ini 6 Kesalahan yang Membuat Sulit Tidur Saat Cuaca Panas

Memindahkan sementara area tidur

Selanjutnya, cara menjaga rumah tetap sejuk dan nyaman saat cuaca panas adalah memindahkan sementara area tidur. Suhu panas sering kali membuat tidur terganggu, bahkan sulit tidur. 

Josh Mitchell, teknisi HVAC dan pemilik Air Conditioner Lab, mengatakan memikirkan kemungkinan membuat ruang tidur tambahan di lantai dasar atau ruang bawah tanah saat cuaca panas.

Hal ini karena udara hangat cenderung naik ke bagian atas rumah sehingga bagian yang lebih rendah bisa menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk beristirahat.

Biarkan pintu interior tetap terbuka

Ilustrasi pintu kaca.Shutterstock/Artazum Ilustrasi pintu kaca.
Ketika cuaca panas, memaksimalkan ventilasi dengan membiarkan pintu interior tetap terbuka. Dengan cara ini, udara sejuk yang dihasilkan AC dapat merata ke seluruh rumah, bukan hanya terkonsentrasi di satu ruangan.

Selain itu, hal ini membantu mencegah udara panas terperangkap di satu area sehingga udara hangat dapat didistribusikan secara merata ke seluruh bagian rumah. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Rumah Sejuk Saat Cuaca Panas, Tak Perlu AC

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com